SuaraKawan.com
Jatim Mojokerto

Tingkatkan Disiplin, Sipropam Polresta Mojokerto Gelar Gaktibplin Hingga Polsek

suarakawan.com, Kota Mojokerto – Dalam meningkatkan kedisiplinan, Sipropam Polresta Mojokerto Polda Jatim gelar Gaktiblin (Penegakkan Ketertiban, dan Kedisiplinan), Senpi, kendaraan, hingga tes urine ke Polsek jajaran, Kamis (01/12/2022).

Tidak sendiri, Wakapolresta Mojokerto KOMPOL Dr. Sarwo Waskito, S.Sos., S.H., M.Hum., M.M. didampingi Kasi Propam IPDA Yuda turun langsung memeriksa kelengkapan di beberapa Polsek jajaran, Pemeriksaan meliputi kelengkapan anggota, administrasi, persenjataan hingga tes urine dadakan.

Kasi Humas Polresta Mojokerto mengatakan, “pengecekan ini bersifat mendadak dengan waktu yang acak untuk mengetahui sejauh mana tingkat kedisiplinan anggota diterapkan dalam lingkungan kerja sehari hari,” IPTU MK Umam.

Dengan pemeriksaan mendadak dapat dinilai bagaimana kesiapan anggota sebelum melaksanakan tugas, “Tujuannya tentu terkait dengan peningkatan disiplin anggota,” Imbuh Umam.

Petugas mengecek seluruh kelengkapan anggota Polsek yang mencakup kartu Keanggotaan, Gampol, dan lainnya. Selain itu, petugas juga melakukan pemeriksaan tes urine mendadak di tempat.

Anggota yang tidak Disiplin dan ditemukan tidak melakukan perawatan terhadap senpi akan langsung di beri sanksi, baik berupa peringatan maupun penarikan senjata apabila kedapatan pelanggaran.

“Dalam Gaktibplin hari ini, personel si propam juga melakukan pengecekan kepada Ranmor dinas, Bel hingga CCTV tiap Polsek, yang ditemukan hanya pelanggaran ringan seperti rambut panjang dan tidak rapi,” Bebernya.

Disamping untuk meningkatkan kedisiplinan, hal ini juga untuk mencegah terjadinya pelanggaran terhadap anggota dan menjadi sarana kontrol agar personel Polri tetap on track dan tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun. (MK/RH)