Tim Respatti Polrestabes Surabaya Tangkap Kurir Sabu-sabu 3 Gram

Polrestabes Surabaya (26/09/2018) : Dimas Fauzi, (23), warga Banyu Urip Kidul, Surabaya, tak berkutik saat Tim Anti Bandit Polsek Sukolilo bersama Tim Respatti Polrestabes Surabaya melakukan penangkapan terhadap dirinya.

Meski sempat diwarnai aksi perlawanan, Dimas akhirnya dapat di ringkus dan dijebloskan ke dalam penjara, Kamis, (20/09/2018) sekitar pukul 01.30 WIB di Jl. Simo Kwagean Buntu Kidul, Surabaya.

Sebelumnya, saat Tim Respatti menerima informasi dari warga tentang adanya seorang laki-laki yang kerap melakukan transaksi Narkoba di kawasan Simo Kwagean, Surabaya.

Informasi ini pun kemudian ditindaklanjuti oleh Tim Respatti Polrestabes Surabaya dengan menerjunkan anggota untuk melakukan under cover dengan berpura-pura sebagai warga sipil.

Dari hasil pengumpulan informasi yang diterima, Dimas Fauzi rupanya dikendalikan oleh seorang pria berinisial MH, yang saat ini masih dalam buruan petugas.

“MH diketahui sebagai pemilik Narkotika jenis Sabu-sabu,” ujar Ketua Tim Respatti IPDA Ardian Wahyudi, Rabu, (26/09).

Ardian Wahyudi mengungkapkan, MH berperan menerima order pembelian Narkotika jenis Sabu-sabu, yang mana dalam ungkap kali ini, MH menerima order Sabu-sabu seberat 5 gram.

Untuk memudahkan transaksi, MH terlebih dahulu meminta calon pembeli untuk membayar diawal dengan cara mentransfer uang ke rekening MH.

Setelah transfer uang diterima, MH menyuruh Dimas membawa 3 gram Sabu-sabu, sedangkan MH membawa 2 gram Sabu-sabu. MH dan Dimas bersama-sama menemui pembeli.

Setelah keduanya bertemu dengan pembeli di Jl. Simo Kwagean Buntu Kidul, Surabaya, pembeli memberikan kekurangan uang sebesar Rp. 1 juta.

Setelah uang diterima oleh Dimas, Sabu-sabu kemudian diberikan oleh MH kepada pembeli, yang mana pada saat itu pula, Tim Respatti yang sedang menyamar  langsung melakukan penyergapan.

“Sayangnya, dalam penyergapan ini, MH berhasil melarikan diri,” kata Ardian.

Sementara Dimas yang berhasil ditangkap, segera dilakukan dilakukan penggeledahan.

Sementara itu, Tim Anti Bandit Polsek SUkolilo yang dipimpin langsung oleh Kompol Ibrahim Gani, yang pada saat bersamaan sedang memburu target kejahatan 3C, melihat keramaian.

Tim Anti Bandit selanjutnya menghampiri, dan ternyata diketahui Tim Respatti sedang melakukan penangkapan. Tim Anti Bandit pun segera membantu penangkapan dan mengamankan pelaku.

Alhasil, dalam ungkap kasus ini petugas dapat menyita barang bukti berupa sebungkus plastik klip kecil yang diduga berisi Narkotika jenis Sabu-sabu seberat 3,05 gram; selembar bukti transfer rek BCA; dan uang tunai sebesar Rp. 200.000,-.

Untuk Dimas sendiri, Tim Respatti Polrestabes Surabaya menyerahkannya ke Tim Anti Bandit Polsek Sukolilo saat itu juga untuk kemudian dilakukan penyidikan lebih lanjut, yang dalam perkara ini, Dimas dijerat dengan Pasal 114 (1) dan atau 112 (1) dan atau 132 (1) UURI NO.35 TH 2009, tentang Narkotika.***rh

Laporan : Tim Respatti/Tim Anti Bandit Polsek Sukolilo.

Editor : Saiful.