Tim Pansel Serahkan Tiga Nama Calon Sekdaprov ke Gubernur Jatim

308 views

SURABAYA (sayauarakawan.com) – Panitia seleksi (Pansel) pemilihan Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Jatim telah selesai melakukan seleksi selama 1 minggu. Dimana dari empat calon seleksi yang ikut sekdaprov Jatim, Pansel telah memilih tiga orang ke Gubernur Jatim dan ke Presiden.

Ketua Pansel Sekdaprov Jatim,  Rudi Poernomo ditemui usai seleksi terakhir di BKD Jatim, Senin (23/7) menegaskan jika pembahasan yang dilakukan tim pansel sangat alot, karena empat calon tersebut memiliki kredibilitas dan kapabilitanya hampir sama. Bahkan memiliki visi misi tentang birokrasi hampir sama, sehingga nilainya selisihnya sangat tipis sekali.

“Kami Pansel berisi lima orang telah menyelesaian tugas sebagai pansel. Dan besok (Selasa 24/7) nama-nama tersebut akan kita kirimkan ke gubernur untuk dilaporkan ke presiden lewat Mendagri,” tegas Rudi.

Namun Pansel menolak menyebutkan nama-nama calon Sekdaprov yang lolos tiga besar maupun satu nama yang tidak lolos ke media, karena belum final. Mengingat tiga nama yang lolos tersebut akan mengikuti seleksi terakhir di Kemendagri, yang dipimpin oleh tim seleksi atau Tim penyeleksi Akhir (TPA) yang dipimpin oleh wakil presiden (wapres). “Untuk mengerucut satu nama ini membutuhkan waktu sampai tiga minggu atau satu bulan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, Anom  Surahno mengatakan paling cepat nama Sekdaprov Jatim ini keluar pada tanggal 27 Agustus 2018.”Ini karena dalam Perpresnya disebutkan, bahwa seleksi sekdaprov setelah diseleksi ditingkat provinsi, maka tiga nama lolos sekdaprov mengikuti seleksi lagi di kemendagri yang dipimpin langsung Wapres dan tim mendagri,”tegas Anom.

Ia menambahkan, yang pasti kinerja pansel Sekdaprov Jatim saat ini teramat berat. Dan disebutkan juga tim pansel jauh hari – hari terbebas dari intervensi dan tekanan dari calon Sekdaprov Jatim. Pasalnya Tim pansel ini memiliki keahlian dibidangnya masing-masing serta memiliki kredibilitas tinggi. Seperti pak Rudi pooernomo dibidang Ekonomi. “Untuk tiga nama yang lolos ini kami tetap rahasiakan, dan hanya dibuka oleh Gubernur Jatim dan Presiden,” ujarnya. (aca/rur)

Posting Terkait