Terjadi Dugaan Aksi Kekerasan Anak Dibawah Umur, Polsek Jambangan Lakukan Diversi

127 views

Polrestabes Surabaya (04/12/2018) : Problem solving, yang merupakan salah satu cara Kepolisian dalam melakukan penyelesaian suatu perkara, kembali di gelar oleh Polsek Jambangan.

Dalam perkara dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh GS, seorang pelajar yang tergolong masih dibawah umur, petugas Polsek Jambangan melakukan diversi.

Dalam kasus ini, Kapolsek Jambangan Kompol Khoirul Anam ST mengatakan, bahwa terjadinya dugaan aksi kekerasan ini dialami oleh MR, seorang korban yang juga masih berstatus pelajar.

“Diversi ini dilakukan sesuai amanat UU nomor 11 tahun 2002 tentang Sistem Peradilan Anak, dimana tersangka GS dan kawan-kawan masih dibawah umur dan masih sebagai pelajar di salah satu SMP di Surabaya,” kata Khoirul Anam.

Sehingga dengan adanya kejadian ini, lanjut Khoirul Anam, pihak Kepolisian bersama Bapas tidak keberatan untuk dilakukan diversi terhadap kasus ini. Namun demikian, Khoirul berharap kepada tersangka agar tidak kembali mengulangi perbuatannya.

Selanjutnya dari hasil pelaksanaan diversi dituangkan dalam surat kesepakatan diversi yang ditandatangani oleh pihak-pihak yang terkait. Khoirul Anam menjelaskan, sesuai undang-undang pula, para pelaku yang masih anak-anak ini akan dikembalikan ke pihak keluarga atau instansi terkait.

“Tujuannya, agar dilakukan pembinaan dan diharapkan melalui diversi ini, pelaku akan lebih baik lagi ke depannya. Masa depan mereka masih sangat panjang, sehingga perlu untuk dilakukan diversi,” pungkasnya.***rh

Laporan : Kasi Humas Polsek Jambangan.

Editor : Saiful.

Polrestabes Surabaya Surabaya

Posting Terkait