Target 17 Kursi Pileg 2019,  Golkar Lakukan Wayangan Di Depan DPRD Jatim

SURABAYA (Suarakawan.com) – Guna meralisasikan target 17 kursi di DPRD Jatim pada pileg 2019 mendatang. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Timur menggelar pementasan wayang semalam suntuk, Sabtu (17/11). Berlangsung di halaman DPRD Jatim, Jalan Indrapura, Surabaya, acara ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-54 Partai Golkar.

Mengambil lakon ‘Sing Setyo lan Sing Cidro ing Janji’, pagelaran wayang kali ini dipimpin oleh dalang Ki Soenarjo.

Untuk diketahui, Ki Soenarjo merupakan kader Partai Golkar yang juga Anggota DPRD Jatim. Dimana Soenarjo menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim. Di dalam struktur partai, pira yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2003-2008 ini, merupakan Ketua Dewan Pertimbangan DPD Golkar Jatim.

Plt Ketua DPD Golkar Jatim, Zainuddin Amali menyampaikan alasannya menggelar kesenian wayang kulit tersebut.

Menurutnya, Partai Golkar memberi perhatian lebih untuk menjaga dan melestarikan budaya. “Golkar berkomitmen untuk terus menjaga kelestarian kebudayaan. Bukan hanya gelaran wayang, namun juga untuk budaya lainnya,” kata ZA (sapaan Zainuddin) yang juga Anggota DPR RI ini di sela – sela acara, Sabtu(17/11).

Ia lantas menceritakan filosofi di balik lakon yang dibawakan pada acara ini. Mengusung judul yang apabila dalam Bahasa Indonesia berarti Yang Setia dan Ingkar di janji”, lakon tersebut membawa sebuah pesan.

“Yang kita maksudkan, antara yang baik dan buruk itu ada. Namun, pada akhirnya yang baiklah yang akan memenangkan di akhir cerita,” tandas ZA  Anggota DPR dari Dapil Madura ini.

ZA tak memungkiri, bahwa filosofi itu juga selaras dengan salah satu iktiar Golkar jelang pemilu 2019 mendatang. “Dengan berlangsung di halam DPRD Jatim, tentu kami juga berharap Golkar menjadi pemenang di pemilu mendatang,” katanya.

Untuk diketahui, Golkar Jatim memang telah memasang target perolehan Kursi pada pemilu legislatif 2019 mendatang. Partai berlambang pohon beringin ini menargetkan minimal dapat meraih 17 kursi di DPRD Jatim.

Target tersebut berada di atas perolehan kursi Golkar pada pemilu 2014 silam yang baru memperoleh 11 kursi DPRD Jatim

Selain dipadati oleh masyarakat, sejumlah politisi senior Partai Golkar pun hadir pada gelaran wayang tersebut. Di antaranya, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Mataraman-Jatim, Gatot Sudjito.

Kemudian, Anggota DPR RI yang juga Mantan Ketua DPD Golkar Jatim, Ridwan Hisjam. Serta, pengurus DPD Golkar Jatim, baik di tingkat DPD I (Provinsi) maupun DPD II (Kota/Kabupaten).

Beberapa jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemrov Jatim pun juga terlihat hadir. Di antaranya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Sinarto.

Kemudian, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim, Himawan Estu Bagijo. Hadir pula Direktur Utama RSUD Dr Soedono Madiun, dr Bangun Tripsila Purwaka, dan beberapa jajaran OPD yang lain.

Sementara itu Ketua Panitia Hut Golkar Jatim, Heri Sugiono Tugas Oetomo mengatakan acara wayangan ini merupakan rangkaian puncak Hut Golkar ke 54. Dimana sebelumnya Golkar Jatim juga menggelar rangkaian ziarah ke makam leluhur Golkar pada 20 Oktober 2018 silam. Kemudian, dirangkai dengan syukuran dan pemotongan tumpeng di hari yang sama.

Hery Sugiono menambahkan, lakon ini sengaja diminta oleh Sekretaris Golkar Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak, SH. “Beliau ini orang seberang “Batak” tapi melebihi orang jawa,” tambahnya. (aca)

Related Post