Tajimalela Bergerak Menjaga Banten

Tidak ada komentar 70 views

Banten (Suarakawan.com) – Sekitar 45 km dari Rangkasbitung terdapat Desa Cirinten,Kecamatan Cirinten, Lebak,Banten. Di RT 03 RW 08 Desa Cirinten ada salah seorang pinisepuh Padepokan Tajimalela yaitu Abah Iyan sebagai sesepuh yang disegani oleh ratusan anggota militan Putra Banten Padepokan Tajimalela.

Menurut Ketua Umum Padepokan Tajimalela ujung Kulon Raksa Jagat Putra Siliwangi berpusat di Kp. Dahu tengah Rt. 06 / 07 Desa Parigi Kecamatan Cikande Kabupaten Searang – Banten. Anggota yang tergabung dalam Padepokan Tajimalela Ujung Kulon Raksa Jagat Putra Siliwangi sangatlah selektif. “Kami mengutamakan mutu dari pada jumlah,” Jelas Aep saat kunjungan Selasa(2/10) siang bersama 33 orang anggota yang berangkat dari beberapa wilayah di Propinsi Banten.

“Makna kata dari Tajimalela adalah Ta artinya Taklukan Napsu Jahat Dalam Diri. Ji…Jiwa murni pangkal keluhuran budi. Ma..Mantapkan rasa penyerahan diri pada Allah. Le…Lekatkan keberanian di atas kebenaran. La…Lapangkan dada di mata kesombongan.”

Padepokan Tajimalela Ujung Kulon Raksa Jagat Putra Siliwangi mempunyai motto “Neangan Dulur Salembur Baraya Sanagara Kujalan Siliwangi Silih Asah Silih Asih Silih Asuh Silih Elingkeun Silih Pelingkeun Silih Geuingken Silih Tulungan di jalan kahadean,” jelas Aep.

Adapun pengasuh Tajimalela adalah Rd. Sastra Nagara yang biasa dipanggil Abah Tudi dari Ujung Kulon, Banten.