Tahun Ini Peringatan Hardiknas Digelar Seminggu

Tidak ada komentar 81 views

JAKARTA (suarakawan.com) – Ada tradisi baru yang ingin diperkenalkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh tiap 2 Mei. Yaitu peringatan nasional secara serentak selama seminggu penuh.

“Mulai tahun ini, kami memperkenalkan tradisi baru yaitu peringatan Hardikanas dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia selama sepekan penuh,” kata Mendikbud Muhadjir.

Lebih lanjut, Muhadjir memaparkan bahwa kegiatan yang bisa dilakukan dalam rangka memperingati Hardiknas itu adalah pemutaran film. “Khususnya hasil karya para kawula muda,” kata Muhadjir.

Pemutaran film dilakukan secara serentak di 34 provinsi dalam rentang 21 April hingga 27 April. Dia menjelaskan pemutaran film tersebut bertujuan untuk memberi penghargaan terhadap karya kreatif anak bangsa.

Kepala Pusat Pengembangan Film Kemdikbud, Maman Wijaya, menambahkan film yang diputar merupakan film yang memiliki nilai-nilai pendidikan karakter.

Terdapat setidaknya lima nilai pendidikan karakter yang termuat dalam film tersebut yakni integritas, cinta Tanah Air, kemandirian, gotong royong, dan religius.

Film-film yang diputar tersebut yakni Ada Surga di Rumahmu, Air Mata Terakhir Bunda, Ambilkan Bulan, Atambua 39, Ayat-ayat Adinda, Bulan Di Atas Kuburan, Cahaya Dari Timur, Cinta dari Wamena, Demi Ucok, Kau dan Aku Cinta Indonesia, Keumala, Mencari Hilal, dan lainnya.

“Nilai yang terkandung di dalamnya yakni unsur pendidikan karakter dan kedaerahan,” kata Maman.

Untuk tahun depan, Mendikbud berharap peringatan Hardiknas bisa dilakukan selama satu bulan dengan melibatkan berbagai pihak dalam spektrum yang lebih luas dengan kegiatan yang lebih beragam.(gat/rur)