Tahun Ini Pengumuman Kelulusan SMA/SMK Tidak Via Online

JAKARTA (suarakawan.com) – Pengumuman kelulusan SMA dan SMK 2018 tidak dipublikasikan di internet atau sistem online. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyatakan pengumuman kelulusan hanya dipublikasikan di sekolah masing-masing.

Muhadjir beralasan pengumuman lewat sekolah dilakukan karena Ujian Nasional Berbasis Komputer sepenuhnya menjadi kepentingan sekolah dan siswa, bukan masyarakat umum.

“Ketentuan sebelum publish, harus diumumkan melalui sekolah dulu. Yang paling berkepentingan kan sekolah dan siswa bukan masyarakat umum,” kata Muhadjir usai mengisi upacara Hari Pendidikan Nasional.

Akun resmi Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, @kemdikbud.ri, pada Selasa (1/5) juga telah menyatakan bahwa pengumuman kelulusan SMA 2018 tidak dilakukan lewat daring.

Pengumuman kelulusan SMA itu disampaikan oleh Panitia Panitia pusat Ujian Nasional (UN) dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

UNBK untuk siswa SMA/SMK dilakukan pada April lalu. Hasilnya sudah diberikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi sejak Senin (30/4).

Alur pengumuman hasil UN berawal dari pusat panitia penyelenggara UN untuk kemudian diberikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi.

Kemudian, dari Dinas Pendidikan Provinsi akan disampaikan kepada Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten atau Kota, selanjutnya disampaikan kepada pihak sekolah.

Pengumuman kelulusan SMA dan SMK berdasarkan data laman Kemendikbud akan menentukan nasib peserta UN tingkat SMA 2018 sebanyak 1.394.870, sementara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 1.460.965. (cnn/rur)