Tahun Baruan di Ibu Kota Jakarta, Ribuan Aparat Keamanan Diterjunkan, Sudirman-Thamrin Ditutup

219 views

Jakarta (Suarakawan.com) – Perayaan malam pergantian tahun 2018-2019 di Ibu Kota dipastikan berlangsung riuh. Sedikitnya 20.000 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan tradisi tahun baruan itu.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Idham Azis mengatakan, 20.000 personel tersebut akan disebar di 15 titik keramaian di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, beberapa pusat keramaian yang dimaksud antara lain pusat perbelanjaan, jalur transportasi, hingga tempat ibadah.

“Transportasi misalnya pelabuhan udara, kemudian stasiun itu dijaga. Jalur nanti sampai Cikampek, kan, arus balik juga (dijaga) biar enggak macet,” ujar Argo.

Sebanyak 20.000 personel gabungan itu terdiri dari aparat kepolisian, anggota TNI, dan petugas dari sejumlah SKPD Pemprov DKI Jakarta.

Adapun berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, ada sejumlah titik perayaan tahun baru di wilayah DKI Jakarta. Titik-titik itu adalah Danau Sunter, Taman Mini Indonesia Indah, dan Jalan MH Thamrin, tempat penyelenggaraan car free night.

Di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta menggelar car free night (CFN) di kawasan Sudirman-Thamrin. Selama penyelenggaraan CFN, kawasan tersebut ditutup bagi kendaraan bermotor mulai sore nanti.

“Pengalihan arus lalu lintas akan dimulai pukul 17.00 WIB sampai dengan kegiatan selesai,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, Senin (31/12/2018).

Selain CFN, pesta pergantian tahun juga akan disemarakan dengan kegiatan nikah massal hingga doa bersama untuk korban tsunami. Sejumlah panggung hiburan hingga stand kuliner juga akan memeriahkan malam tahun baru.

Masyarakat yang akan menikmati perayaan tahun baru di sepanjang lokasi diimbau untuk datang lebih awal. Pemprov DKI telah menyediakan kantong parkir bagi masyarakat yang membawa kendaraan.

“Kantong parkir ada di kawasan IRTI, Lapangan Banteng, Masjid Istiqlal, dan gedung-gedung sepanjang Sudirman Thamrin dan GBK,” tuturnya.(dtc/ziz)

jakarta tahun baru

Posting Terkait