Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Merupakan Jantung Pemilu

Hupmas, SIDOARJO – “Kita akan memasuki tahapan penting dalam proses pemilu yaitu pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi hasil penghitungan suara” demikian sepenggal kata sambutan dari Ketua KPU RI, Arief Budiman yang sekaligus membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara, Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara serta Penetapan Hasil Pemilu Tahun 2019, Sabtu siang (08/12/2018).

Lebih lanjut, Arief Budiman menyampaikan catatan jejak pemungutan dan penghitungan suara pada saat pemilu dari masa ke masa.  Seperti pada Pemilu Tahun 2004 yang belum mampu secara signifikan melakukan proses rekapitulasi secara digital. Sedangkan Pemilu Tahun 2014 lebih akurat dan lebih tersedia daripada sebelumnya dalam hal menyimpan dan mencatat data.

“Pemilu 2019 data kita harus bisa mencapai 100 persen dan Jatim harus menjadi tercepat,” harap pria kelahiran Surabaya ini.

Selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 08 – 09 Desember 2018, 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang diwakili oleh Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu bersama Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas menghadiri bimtek yang berlangung di Premier Place Hotel, Jl. Raya Bandara Juanda No. 73 Sidoarjo.

Sementara itu, mewakili KPU Surabaya hadir anggota KPU Surabaya, Nurul Amalia, dan Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas, Endang Sri Arti Rahayu.

Pada hari pertama materi dari Aang Kunaifi, Kordiv. Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Timur menyampaikan materi Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Penghitungan Suara pada Pemilu 2019.
Dilanjutkan dengan materi oleh Muhammad Arbayanto, Divisi Teknis KPU Provinsi Jawa Timur dengan tema Panca Sukses Tungsura dan Rekap Pemilu Serentak.

Pada hari kedua, materi Persiapan Pemilu 2019 disampaikan oleh Kabag Teknis KPU RI, Syahruni dan lanjut dengan diskusi kelompok yang membahas potensi persoalan pada saat proses pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara. (esar/lay)