Surat PDIP Turun, Kusnadi Dipastikan Jadi Ketua DPRD Jatim Periode 2019 – 2024

46 views

SURABAYA (Suarakawan.com) – Setelah sempat molor dan tertunda, akhirnya pimpinan DPRD segera ditetapkan pada Senin (16/9) lusa disidang paripurna DPRD Jatim. Pasalnya surat keputusan (SK) dari partai PDIP untuk penunjukan pimpinan DPRD Jatim sudah ditandatangani.

Berdasakan aturan, yang ada dalam penentuam ketua DPRD Propinsi Kota dan kabupaten, Partai Pemenang pemilu mempunyai hak untuk menempati Ketua DPRD. PDI Perjuangan Jatim dalam Pemilu 2019 kemarin di Jatim menjadi partai pemenang dengan perolehan kursi terbanyak 27 kursi di DPRD Jatim. Sehingga berhak menempatkan kadernya yang menjadi anggota DPRD Jatim sebagai ketua DPRD Jatim 2019-2024.

Penunjukan Kusnadi sebagai kader partai PDI Perjuangan yang ditugaskan sebagai ketua DPRD Jatim tertuang dalam Surat Keputusan (SK) DPP PDI Perjuangan no 694/IN/DPP/IX/2019 tertanggal 12 September 2019, yang ditandatangani Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri dan Sekertaris Jendral (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.
Dalam SK Penunjukan tersebut, DPP menugaskan Kusnadi setelah DPP melihat hasil Psikotes, Fit and Propertes seluruh angota DPRD Jatim, usulan DPD PDI Perjuangan Jatim serta hasil rapat DPP PDI Perjuangan tanggal 3 September 2019.

Pimpinan Sementara DPRD Jatim, Kusnadi diruang pimpinan DPRD Jatim, jumat (13/9) mengatakan membenarkan surat dari DPP PDIP yang ditandangani oleh Ketua Megawati sudah diterima oleh DPD dan Fraksi PDIP yang kemudian surat tersebut akan dikirim ke sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Jatim hari ini, jumat (13/9) supaya bisa dilakukan paripurna penetapan pimpinan pada, Senin (16/9) mendatang

Terkait penunjukkan ketua DPRD Jatim oleh PDIP, ia mengatakan ketua Umum PDIP Jatim dalam suratnya tersebut telah mengesahkan dan menetapkan atas nama Kusnadi. SH. Mhum sebagai ketua DPRD Jatim periode 2019 – 2024. “Saya siap mengemban amanat rakyat Jawa Timur dan partai menjadi ketua DPRD Jatim”ujarnya.

Kusnadi juga menambahkan, dengan turunya surat dari DPD PDIP untuk pimpinan DPRD Jatim ini membuat surat di sekertaris dewan sudah lengkap. Dimana sebelumnya PKB, Gerindra, Golkar, dan Demokrat sudah mengirimkan nama pimpinan ke Setwan DPRD Jatim. Karena lima parpol peraih kursi terbanyak di DPRD Jatim sudah mengirimkan nama nama.

Kusnasi juga meminta kepada seluruh anggota DPRD Jatim dam masyarakat Jatim untuk mengingatkan bila salah dalam melangkah ketika menjadi ketua DPRD Jatim. “Amanah dari partai dan kepercayaan rakyat terhadap PDI Perjuangan akan saya jaga dan saya laksanakan dengan sebaik baiknya. Untuk itu, saya selalu mohon dikoreksi bila ada langkah saya yg menyimpang nantinya,” ujarnya.

Berdasrkan informasi surat yang masuk ke Sekwan, ada empat fraksi terbesar yang sudah mengajukan nama calon pimpinan definitif DPRD Jatim. Keempat nama tersebut adalah Abdul Halim Iskandar dari Fraksi PKB, Anwar Sadad dari Fraksi Partai Gerindra, Akhmad Iskandar dari Fraksi Partai Demokrat dan Sahat Tua Simanjuntak dari Fraksi Partai Golkar. (Aca)

Posting Terkait