Sultan Brunei Darussalam Ingin Beli Alutsista Indonesia

JAKARTA (suarakawan.com) – Sultan Brunei Darussalam Haji Hassanal Bolkiah ingin membeli alat utama sistem pertahanan (alutsista) asal Indonesia. Alutsista ini pun menjadi salah satu kerja sama yang tengah dijalin kedua negara.

“Ada ketertarikan dari Brunei untuk membeli kendaraan tempur dari Indonesia dan juga persenjataan produksi PT Pindad,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Joko Widodo bertemu dengan Bolkiah di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 3 Mei 2018.

Jokowi, kata dia, juga akan mengajak Bolkiah melihat parade alutsista di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

“Nanti di Mabes ada beberapa pameran yang akan ditinjau Sultan dan Presiden dari PT Pindad, PT DI, dan PT PAL,” ujar dia.

Retno belum tahu jenis alutsista yang ditaksir Sultan Brunei itu. Karena itu, Jokowi akan membawa Bolkiah untuk melihat langsung alutsista buatan Tanah Air. “Belum (tahu jenisnya). Makanya nanti ada showcase mengenai produksi alutsista kita,” ucap dia.

Selain alutsista, Bolkiah juga tertarik menjalin kerja sama investasi di perkapalan dan pembangunan pelabuhan. Namun, belum dibahas nilai kerja samanya. “Investasi tidak dibahas mengenai masalah komitmen angka,” ucap dia.(mtv/rur)