Sikapi Dinamika Kamtibmas Terkini, Kapolres Trenggalek Instruksikan Bhabinkamtibmas Pro Aktif

29 views

Polres Trenggalek – Menyikapi berbagai isu dan dinamika Kamtibmas akhir-akhir ini, Kapolres Trenggalek menginstruksikan Bhabinkamtibmas jajarannya untuk pro aktif turun ke desa binaan masing-masing.

Hal tersebut disampaikan oleh AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. saat membuka sosialisasi Binmas Online System di Ruang Publik Terbuka Mapolres Trenggalek. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kasatbinmas AKP Suyono, S.H., M.Hum., para kanit Binmas Polres dan Polsek serta 157 Bhabinkamtibmas jajaran Polres Trenggalek. Selasa, (1/10).

AKBP Jean Calvijn Mengatakan, terkait dengan isu-isu terkini yang cukup viral ditengah masyarakat seperti aksi unjuk rasa yang melibatkan pelajar ataupun Karhutla, Perwira menengah Alumni Akpol tahun 1999 ini menegaskan peran Bhabinkamtibmas yang penting dalam menyikapi dan mencegah agar hal tersebut tidak terjadi di Kabupaten Trenggalek.

“Bhabinkamtibmas harus selalu update jangan ketinggalan kereta. Baca berita, informasi melalui berbagai media maupun Sosmed agar bisa mencegah dan menyampaikan imbauan sesuai Binmas Strall.” Pungkasnya

Bhabinkamtibmas masih kata AKBP Jean Calvijn sudah melakukan berbagai upaya seperti turun ke sekolah-sekolah mengimbau agar para pelajar tidak serta merta menanggapi dan lebih fokus pada tugas utama belajar. Sedangkan terkait Karhutla, Bhabinkamtibmas juga aktif mengimbau kepada warga yang berdomisili di sekitar kawasan hutan agar lebih waspada dan tidak melakukan tindakan yang dapat berpotensi memicu kebakaran.

“Tugas Pokok Bhabinkamtibmas sebagai miniatur Polri di tingkat Desa tidak lah mudah. Seorang Bhabinkamtibmas harus mampu berperan sebagai dinamisator, inisiator bahkan problem solver terhadap segala permasalahan yang ada di desa.” Pungkasnya

Sebagai informasi, guna menunjang pelaksanaan tugas dilapangan, dalam acara tersebut, AKBP Jean Calvijn menyerahkan sejumlah25 perangkat Smartphone kepada Bhabinkamtibmas jajarannya. Secara bertahap nantinya seluruh Bhabinkamtibmas sejumlah 157 orang akan menerima.

Penyerahan Smarphone tersebut, masih kata AKBP Jean Calvijn, merupakan tindak lanjut dari program dan bijak pimpinan yang ditujukan untuk mempermudah sistem pelaporan Bhabinkamtibas melalui aplikasi BOS.

“Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak dari Kepolisian. Semua kegiatan akan dilaporkan melalui aplikasi BOS. Selain itu juga memudahkan pengawasan dan monitoring penggunaan dana desa.” Pungkasnya.

Polres Trenggalek

Posting Terkait