Siaran Live Di Talkshow RRI Surabaya, Relasi Sosialisasikan Pemilu 2019

Hupmas, SURABAYA – Selasa pagi (12/03/2019), demi tersebarnya informasi tentang Pemilu Tahun 2019, Relawan Demokrasi (relasi) KPU Surabaya bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya untuk mengadakan Talkshow Sosialisasi Pemilu 2019.

Dalam acara yang disiarkan live tersebut dihadiri oleh perwakilan Relasi KPU Surabaya yaitu Rahmad Fudoli (Relasi Basis Netizen), Hutrimas Wimapiguna (Relasi Basis Komunitas), dan Afifun Nidlom (Relasi Basis keagamaan).

Diawal talkshow perwakilan relasi  menjelaskan tentang tujuan awal dibentuknya relasi dalam Pemilu 2019. Diharapkan dengan dibentuknya relasi ini bisa meningkatkan partisipasi masyarakat (parmas) dan mampu menumbuhkan kembali sikap peduli masyarakat akan pentingnya pemilu dalam bernegara.

“Jumlah relasi ada 55 (lima puluh lima) yang terbagi menjadi 10 basis yang meliputi basis netizen, keluarga, komunitas, keagamaan, kaum marjinal, kebutuhan khusus, perempuan, pemilu muda, pemilih pemula, dan disabilitas yang bertugas membantu KPU Surabaya untuk mensosialisasikan pemilu ke warga Surabaya,” jelas Fudoli.

Dalam sesi dialog interaktif ini banyak pendengar yang bertanya tentang pengurusan pindah memilih. Selain itu, pendengar juga mengapresiasi sosialisasi yang dilakukan oleh relasi karena dianggap sosialisasi semacam ini bisa menjangkau masyarakat luas.

“Langkah yang bagus dari KPU yang membentuk relasi untuk membantu kegiatan sosialisasi. Namun sosialisasi sebisa mungkin jangan hanya dilakukan kepada warga perkotaan saja,” masukan dari pendengar RRI Surabaya, Dewa.

Talkshow yang berlangsung kurang lebih 60 menit tersebut diakhiri dengan ajakan relasi kepada warga Saurabaya agar hadir dan menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang. (fudo/guh/esar)