SuaraKawan.com
Politik

SIAPKAN PENGELOLAAN ANGGARAN & KEUANGAN AKHIR TAHUN, KPU JATIM GELAR RAKOR

 

Malang, kpujatim.go.id- Dalam rangka mempersiapkan langkah-langkah akhir tahun pengelolaan anggaran dan keuangan, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan dan Pencatatan Persediaan Logistik Pemilihan Serentak 2020 serta Evaluasi Dalam Menghadapi Langkah-Langkah Akhir Tahun 2020. Rapat Koordinasi gelombang I diselenggarakan pada hari Senin sampai dengan Rabu (2-4/11), di aula Bess Hotel & Resort Malang.

Peserta Rapat Koordinasi terdiri dari Ketua, Sekretaris, Kasubbag Program dan Data, Bendahara, serta Operator SIMAK BMN. Bertindak sebagai narasumber antara lain yakni Kanwil DJPb Jawa Timur, Kasubbag Perbendaharaan KPU RI, dan Operator SIMAK BMN KPU RI.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, dalam sambutannya menyampaikan, rakor selama tiga hari akan membahas mengenai penatausahaan pengelolaan keuangan.

“Rakor ini sekaligus sebagai persiapan untuk menghadapi audit pada semester kedua tahun 2020 dan langkah-langkah akhir tahun 2020,” jelasnya (2/11/2020).

Selanjutnya Anam juga memberikan arahan agar KPU Kabupaten/Kota yang sedang melaksanakan penyelenggaraan Pemilihan, segera melengkapi aplikasi Sistem Informasi Realisasi Anggaran dan Monitoring Hibah (SIRAMA).

Selain itu, dalam rakor juga akan dibahas mengenai Keputusan KPU Nomor 364 Tahun 2020 tentang Pedoman Perencanaan dan Penganggaran Hibah Daerah Non Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/Atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Jika akan mengajukan hibah non pemilihan, harus segera disampaikan ke Pemda karena hari-hari ini Pemda dan DPRD sedang membahas Raperda APBD,” tambah Anam.

Terakhir Anam mengingatkan agar KPU Kabupaten/Kota melaksanakan tertib administrasi dalam pengelolaan keuangan. “Sekretaris agar melaksanakan pengelolaan keuangan secara profesional. Sedangkan ketua harus tetap memonitor pengelolaan anggaran. Harus ada saling kontrol agar kegiatan berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya.

Rakor gelombang I diikuti oleh KPU Kabupaten/ Kota yang berada di wilayah timur dari Jawa Timur, yakni Banyuwangi, Situbondo, Jember, Sumenep, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pacitan, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Sampang, Pamekasan, Bangkalan, Lumajang, Probolinggo, Bondowoso, Pasuruan, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, Kota Malang, dan Kota Batu.

(NP/ed. Red)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

KPU JATIM SIAPKAN PRODUK HUKUM PENYELESAIAN PHP TAHUN 2020

redaksi

Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Tuntaskan Masa Magang Di KPU Surabaya

redaksi

Kudeta Demokrat, Moeldoko Disarankan Mundur dari Lingkaran Istana

Redaksi Surabaya