SuaraKawan.com
Trenggalek

Siapkan Dirimu, Polri Buka Penerimaan Taruna/i Akpol

Polres Trenggalek – Polri kembali membuka kesempatan bagi para pemuda dan pemudi terbaik untuk bergabung dan mengabdikan diri sebagai anggota Polri. Sebagaimana pengumuman nomor: Peng/19/III/DIK.2.1/2022 tanggal 28 Maret 2022, Polri membuka penerimaan terpadu taruna.i Akpol tahun anggaran 2022.

Dikonfirmasi terpisah Kabagsumda Polres Trenggalek Kompol M. Solichin, S.H. mengatakan, pendaftaran Taruna Akpol dibuka mulai tanggal hari ini tanggal 30 Maret hingga 18 April 2022.

“Jumlah peserta didik yang dibutuhkan sebanyak 175 orang. 150 orang pria dan 25 orang wanita” Jelas Kompol Solichin.

Kompol Solichin menuturkan, jika dinyatakan lolos peserta wajib mengikuti pendidikan selama empat tahun yang dibuka tanggal 2 Agustus 2022 mendatang. Rekrutmen ini merupakan penerimaan calon Perwira Polri untuk menjadi Perwira Pertama dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

Adapun persyaratan umum diantaranya warga negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945, sehat jasmani dan rohani, berumur paling rendah 18 tahun pada saat diangkat sebagai anggota Polri, tidak pernah dipidana, berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

Sedangkan persyaratan khusus antara lain, berijazah serendah-rendahnya SMA/MA jurusan IPA/IPS dengan nilai kelulusan (UN) rata-rata minimal 70,00 atau B. Tinggi badan bagi pria minimal 165 cm dan wanita 163 cm.

Selain itu, peserta juga disyaratkan belum pernah menikah/hamil/melahirkan, tidak bertato atau tindik telinga, bebas Narkoba, tidak mendukung organisasi atau paham yang bertentangan dengan empat pilar kebangsaan dan berdomisili minimal satu tahun di wilayah Polda tempat mendaftar.

Peserta wajib mengikuti seleksi atau pengujian dengan sistem gugur tingkat Panda yakni, pemeriksaan administrasi awal, kesehatan tahap I, tes psikologi, tes akademik meliputi pengetahuan umum, wawasan kebangsaan, matematika dan bahasa Indonesia, tes kesamaptaan jasmani, kesehatan tahap II, Psikologi tahap II, mental kepribadian dan pemeriksaan administrasi akhir.

“Untuk tingkat Panpus meliputi, pemeriksaan administrasi, kesehatan, wawancara, PMK, tes akademik menggunakan CAT, tes kesamaptaan jasmani dan pemeriksaan penampilan.” Imbuhnya

Bagi yang berminat lanjut Kompol Solichin, dapat mengakses website penerimaan.polri.go.id dan memilih jenis seleksi Taruna/i Akpol dan mengisi form yang telah disediakan. Jika mengalami kesulitan bisa datang langsung ke Bagsumda di lantai dua Mapolres Trenggalek. Pihaknya telah menyiapkan personel khusus yang siap mendampingi dan membantu para pendaftar.

“Semua gratis tanpa dipungut biaya.” Pungkasnya.

Related posts

Kolaborasi Bareng Mahasiswa, Polres Trenggalek Berpartisipasi dalam Lomba Orasi Piala Kapolri

Wong Nggalek

Ikut Vaksinasi, Puluhan Lansia di Trenggalek Dihadiahi Telur

Wong Nggalek

Sinergitas Tim Pamor Keris Trenggalek Tegakkan Disiplin Prokes

Wong Nggalek