Siap Amankan Pilkada 2020, Ini Langkah Polres Trenggalek

25 views

Polres Trenggalek – Polri merupakan salah satu lembaga negara yang merupakan garda terdepan dalam proses pengamanan berbagai Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia. Mulai dari Pemilu DPR, DPD dan DPRD, Pemilu Presiden, Pemilu Kepala daerah hingga Pemilihan Kepala desa. Semua merupakan domain Polri dalam hal pengamanan tahapan kegiatan agar dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. dalam presentasinya saat menjadi narasumber utama dalam gelaran Evaluasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu 2019 dan Kesiapan Menyongsong Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Trenggalek mengungkapkan bagaimanana peran Polri dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif menjelang, pada saat hingga paska Pemilu. Senin (7/10)

Dalam acara yang mengambil tempat di Rumah Makan Mekar Sari Trenggalek tersebut, bapak dari 3 orang putra ini menjelaskan bahwa dalam setiap Pemilu posisi Polri adalah netral dan tidak memihak.

“Implementasinya yakni memberikan perlakuan yang sama antar Paslon, bersikap adil dan tidak diskriminatif, tidak memberikan dukungan dalam bentuk apapun dan memberikan pelayanan pengawalan dan pengamanan maksimal.” Jelas AKBP Jean Calvijn

“Dan ini akan tetap berlaku pada saat Pilkada Kabupaten Trenggalek tahun 2020 nanti” Imbuhnya

Upaya lain yang dilakukan pihak Kepolisian adalah melakukan deteksi dini untuk mencegah potensi konflik yang ada. Selain itu, dilakukan pula pengamanan setiap tahapan dengan melibatkan jumlah personel yang benar-benar memadai sesuai dengan tingkat kerawanan.

Demikian pula dengan pelayanan administrasi Pilkada seperti penerbitan STTP Kampanye. Proses dilakukan secara cepat dan tidak berbelit-belit serta mampu mengakomodir seluruh rangkaian kampanye Paslon.

Langkah terakhir adalah melakukan tindakan kepolisian berupa penegakan hukum yang tentunya setelah melalui kajian dari Tim Gakkumdu yang melibatkan unsur dari Bawaslu dan Kejaksaan. Pihaknya menyatakan akan menyiapkan personel khusus yang bertugas menangani pidana pemilu mengingat batasan waktu yang diatur oleh undang-undang Pemilu.

“Nanti kita siapkan draft MoU dengan beberapa stake holder terkait agar dalam prosesnya nanti lebih efektif efesien dan tentunya mengedepankan sikap profesional. ” Kata AKBP Jean Calvijn.

“Kami siap mengamankan jalannya Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek tahun 2020 mendatang. Untuk itu mohon dukungan dari semua stake holder.” Pungkasnya

Turut hadir dalam acara tersebut, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Ihsan Gunawan, Ketua KPU Trenggalek Gembong Derita Hadi, S.E. beserta komisioner lainnya, Bawaslu Kabupaten Trenggalek, Kesbangpol Trenggalek, Perwakilan Parpol peserta pemilu, mahasiswa dan organisasi masyarakat.

Polres Trenggalek

Posting Terkait