SuaraKawan.com
Trenggalek

Siap Amankan Pemilu 2024, Polres Trenggalek Gelar Latihan Dalmas

Polres Trenggalek – Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, jajaran Kepolisian Resort Trenggalek terus mempersiapkan diri dengan menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya adalah menyiapkan sarana prasarana dan kemampuan personel sesuai dengan Tupoksi yang diemban.

Menyikapi hal tersebut Satsamapta Polres Trenggalek menggelar apel mengecekan peralatan Pengendalian Massa (Damlas) dan Bantuan SAR (Bansar) di halaman Mapolres. Sejumlah perlatan tersebut dicek satu persatu untuk memastikan kelaikan dan siap digunakan sewaktu-waktu. Rabu, (31/1).

“Persiapan menjelang Pemilu, kita pastikan semua ready for use. Jadi, tidak ada lagi kendala saat benar-benar dibutuhkan nanti.” Ujar Kasatsamapta AKP Supadi, S.H.

Tidak hanya itu, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mengasah dan merefresh kembali kemampuan pengendalian massa menggunakan peralatan lengkap mulai dari helm, tameng maupun body protector.

Beberapa materi yang dilatihkan antara lain formasi Dalmas awal dan kompi Dalmas tangan terkait, bongkar pasang pelengkapan Dalmas, lintas ganti dengan Dalmas lanjut, pergerakan desak maju dan dorong maju, sikap berlindung, penyelamatan korban Unras, formasi bersaf maju ditutup dengan konsolidasi dan pemberian arahan terkait kekurangan dalam pegerakan dalam tahapan Dalmas.

Pihaknya menekankan bahwa proses pengendalian massa sudah diatur dan disusun sedemikian rupa melalui peraturan kepolisian terkait dengan penggunaan perkuatan, pengendalian massa berikut pengawasannya.

“Dengan berbagai kesiapan yang kita lakukan ini, tentunya kita harapkan Pemilu 2024 nanti dapat berjalan aman, tertib dan damai.” Pungkasnya.