Seru Dan Menyenangkan, KTS SDN Sawunggaling VII Surabaya

25 views

Surabaya, (suarakawan.com) – Kegiatan Tengah Semester (KTS) yang digelar SDN Sawunggaling VII/388 Surabaya di Kebun Bibit Wonorejo memberikan suasana baru bagi para murid, Minggu (13/10/2019). Di areal lahan seluas 5,9 hektare ini, mereka dikenalkan dengan kegiatan yang melatih motorik anak, sportivitas, kedisiplinan, keberanian, kepemimpinan, dan masih banyak lainnya.

Acara yang diikuti sekitar 234 pelajar kelas 1 – 3 SD ini dibuka oleh Kepala Sekolah SDN Sawunggaling VII/388 Surabaya M Ali Fuad SPd ini juga untuk memberikan pemahaman mengenai arti kerjasama pada anak-anak melalui fun games sederhana. Sehingga mereka akan lebih mudah memahami bagaimana manusia selalu membutuhkan bantuan atau pertolongan orang lain. Ketergantungan inilah yang melahirkan kerjasama. Dalam berbagai hal apabila dilakukan secara bersama-sama akan menjadi lebih ringan dan mudah untuk terselesaikan.

Seperti saat mereka bermain permainan Dragon Ball. Dalam permainan ini, peserta yang sudah terbagi dalam kelompok, memasukkan air ke dalam pipa berlubang. Karena terdapat banyak lubang pada pipa, air pasti akan keluar melalui lubang tersebut. Tugas peserta lain adalah harus menutup lubang-lubang itu dengan tangan, supaya air dapat cepat penuh dan bola bisa keluar.

Permainan ini berguna untuk menjalin kekompakkan untuk membangun kerja sama tim dalam menyelesaikan tantangan, belajar bertanggung jawab pada tugas masing-masing, serta rela berkorban untuk tercapainya tujuan bersama. Namanya juga anak-anak, air yang seharusnya dimasukkan ke dalam pipa, malah ada yang disiramkan ke kepala temannya. Bukannya marah, malah mereka asyik berbasah-basahan.

Begitu juga saat bermain transfer air. Dalam permainan ini setiap kelompok harus memindahkan air dari ember besar dengan menggunakan gelas melalui atas kepala masing-masing. Pemindahan air dilakukan secara estafet dari depan ke belakang. Lagi-lagi, air malah dibuat lempar-lemparan sehingga bak tak kunjung penuh. “Seru dan menyenangkan,” kata Mazaya, murid kelas dua. (gus)

SDN Sawunggaling VII Surabaya

Posting Terkait