SuaraKawan.com
Trenggalek

Seperti Ini Pengamanan Ketat Sortir dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024 di Trenggalek

Polres Trenggalek – Tahapan Pemilu 2024 masih berjalan. Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek telah melakukan berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka mengamankan setiap tahapan Pemilu untuk memastikan keamanan dan lenacarannya.

Hari ini, Polres Trenggalek mengerahkan sejumlah personelnya untuk mengamankan kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 yang digelar di gudang KPU tepatnya di desa Nglongsor Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Minggu, (7/1).

Kabagops Polres Trenggalek Kompol Suyono, S.H., M.Hum. selaku Karendalops Mantap Brata Semeru 2023-2024 yang turun langsung meninjau pelaksanaan pengamanan sortir dan pelipatan surat suara tersebut mengungkapkan dalam proses pengamanan ini, pihaknya bekerjasama dan berkolaborasi dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten Trenggalek.

“Pengamanan dan pengawasan dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan sortir dan pelipatan surat suara dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mencegah kemungkinan terjadinya perbuatan atau tindakan yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024.” Tegas Kompol Suyono.

Sebelum memasuki lokasi, dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap barang bawaan para pekerja. Beberapa barang seperti tas, jaket maupun benda tajam lainnya yang dapat merusak surat suara wajib disisihkan dan ditempatkan pada lokasi yang telah ditentukan dan relatif jauh. Hal yang sama juga dilakukan saat para pekerja keluar gedung.

Jumlah total pekerja mencapai 100 orang yang dibagi dalam 10 kelompok. Untuk memudahkan pengawasan, setiap pekerja dibekali dengan kartu identitas yang dikalungkan di leher sehingga lebih mudah dilihat.

Kompol Suyono menambahkan, pihaknya melakukan penebalan personel pengamanan, dari yang biasanya 2-3 orang, namun karena ada kegiatan ini, personel pengamanan ditambah menjadi 10 orang. pihaknya juga menerjunkan sejumlah polisi wanita (Polwan) yang ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan pekerja khususnya perempuan.

“Dengan pengamanan yang tergelar, kita harapkan proses sortir dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 ini dapat berjalan aman, lancar, kondusif dan tepat waktu sesuai dengan jadwal dan tahapan.” Pungkasnya.

Sebagai informasi, sehari sebelumnya KPU Kabupaten Trenggalek telah menerima kedatangan logistik Pemilu 2024 berupa surat suara Pemilu DPRD Kabupaten Trenggalek sejumlah 1.204 boks yang berisi total 606.521 lembar. Keseluruhan surat suara disimpan di gudang KPU dengan pengamanan ketat dari Kepolisian.