SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

Rumah Aspirasi Indah Kurnia Gelar Sosialisasi Terkait QRIS Sebagai Layanan Keuangan Digital

(SIDOARJOterkini) – Yayasan Wahana Narasi Indonesia bersama Tim Rumah Aspirasi Indah Kurnia dan Bank Indonesia menyelenggarakan Sosialisasi tentang QRIS sebagai layanan Keuangan Digital, yang diikuti para pelaku UMKM dan awak media Sidoarjo,selain itu banyak pula masyarakat umum yang mengikuti secara virtual melalui aplikasi zoom, di Hotel Neo Waru Sidoarjo, Jumat 26 Maret 2021.

Dalam Sambutannya secara Virtual, Indah Kurnia Anggota DPR RI menyampaikan, Bank Indonesia setahun lalu telah melaunching QRIS sebagai alat pembayaran digital, menyusul kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Berbagai manfaat dari QRIS telah terbukti dirasakan oleh para pengguna QRIS,”ungkapnya.

Legislator 3 periode tersebut menyampaikan transaksi melalui transaksi dengan QRIS bisa menghindari potensi negatif transaksi tunai seperti penularan virus, uang palsu, dll.

“Para pelaku UMKM lebih baik memanfaatkan QRIS sebagai alat pembayaran,”tuturnya.

Sementara itu Nara sumber pada kegiatan tersebut, Rolly Satrio Utomo selaku Asisten Manajer Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur mengatakan, salah satu keuntungan menggunakan QRIS adalah para pelaku UMKM bisa mendapatkan portofolio dari setiap transaksi tanpa perlu mecatatkannya secara manual.

“Hal ini penting bagi UMKM yang berkeinginan untuk mengakses permodalan ke Bank,”ucapnya.

Untuk menggunakan QRIS tambah Rolly, para pelaku UMKM tidak memerlukan dukungan perangkat Smartphone dengan spesifikasi tinggi, sebab QRIS bukanlah sebuah aplikasi melainkan sebuah barcode.

“QRIS bukanlah sebuah aplikasi, melainkan sebuah kanal pembayaran berbentuk barcode yang menyatukan semua platform pembayaran digital”,ucap Rolly.

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan sebuah kanal pembayaran yang diluncurkan oleh bank Indonesia pada 17 Agustus tahun lalu, yang mempunyai standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.(cles)

The post Rumah Aspirasi Indah Kurnia Gelar Sosialisasi Terkait QRIS Sebagai Layanan Keuangan Digital appeared first on SIDOARJO TERKINI.

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Pj Bupati dan Forkopimda Ziarah ke Makam Mantan Bupati Sidoarjo Pada Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 162

redaksi

Percepatan Vaksinasi, Kapolres Kediri Kota Lakukan Vaksinasi Door To Door

Redaksi Mojokerto

Bantu Pelaku UMKM Bangkit, Motor Gerobak Listrik (Gelis) Hadir di Sidoarjo

redaksi