RSUD dr Soetomo Siagakan 256 Tenaga Medis Siaga Nataru

1253 views

Surabaya (suarakawan.com) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya menyiagakan sebanyak 256 tenaga medis yang siap on call untuk melayani masyarakat selama libur Natal dan tahun baru. Pelayanan kesehatan dijamin tetap optimal meski dalam masa libur.

“Ada dua macam yang kami siapkan, pertama yang tugas hari itu, meski libur ada sistem shift. Kedua yang on call,” kata Direktur Utama RSUD dr Soetomo Surabaya, Joni Wahyuhadi.

Ia menjelaskan sebanyak 256 tenaga on call itu terdiri dari 41 tenaga manajemen, 200 tenaga pelayanan, dan 15 tenaga penunjang dan ada saat terjadi hal di luar perkiraan. Tidak hanya dokter dan perawat yang melayani pasien, tenaga manajemen juga harus siap jika dibutuhkan.

“Misalnya saat ada obat habis, infus habis dan listrik mati, tenaga manajemen harus siap sedia. On call sendiri jarang sekali dipanggil bila tidak ada kejadian yang ekstrim pada saat itu. Kalau ada hal yang ekstrim seperti keracunan massal itu baru kita panggil dan mereka standby. Manajemen juga siap on call termasuk saya,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menjamin ketersediaan obat sudah mencukupi hingga bulan Januari 2019, meski diakuinya ada beberapa obat yang agak sulit didapat karena ada kendala. “Alhamdulillah, kami masih dipercaya kawan-kawan farmasi, meskipun kami masih utang sebagian. Sebetulnya bukan tidak ada uang, tapi uang belum masuk, jadi utang. Namun, mereka percaya kepada kita,” tandasnya. (kj/gus)

nataru RSUD dr Soetomo

Posting Terkait