RPJMD 2020 – 2025, Demokrat Yakin Khofifah Bisa Tiru Capaian Pakde Karwo

375 views

SURABAYA (Suarakawan.com) – Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Optimis bahwa Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bisa sukses mengimplementasikan Rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jatim 2020-2025. Bahkan pihaknya yakin capaian RPJMD Khofifah ini bisa tiru capaian Gubernur Jatim sebelumnya, Soekarwo. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua komisi C DPRD Jatim, Renville Antonio ditemui di DPRD Jatim, Selasa (12/3).

Renville mencontohkan, pada saat awal awal pemerintahan Gubernur Soekarwo, masyarakat ragu Pakde Karwo bisa membangun Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Umbalan, kabupaten Pasuruan. Seperti yang sudah tertuang dalam RPJMD sebelumnya. “Waktu itu kan pemerintah ragu apakah Pemprov Jatim bisa mewujudkan itu karena sejak awal sudah seperti itu. Tapi apa, dengan bantuan semua anggota legislatif dan kita akhirnya bisa mewujudkan hal itu. Air bersih Umbalan berjalan karena kita memang satu visi,”katanya.

RPJMD Jatim yang digagas Khofifah adalah tindak lanjut dari apa yang sudah dicapai Pakde Karwo. Karena itu, menurut dia, tidak ada alasan bagi anggota legislatif untuk menolaknya. “Saya rasa RPJMD yang harus disepakati bersama. Ini tindak lanjut dari sebelumnya guiden di Jatim dan semuanya bisa dijalankan,”ujar Renville politisi asal Fraksi Demokrat ini.

Menurutnya, apa yang sudah digagas oleh Khofifah adalah hasil kerja tim navigasi. Dia meyakini setelah dirumuskan, apa yang sudah digariskan bisa dijalankan oleh Pemprov Jatim. “Semua sudah melalui program tim navigasi dan sesuai dengan keadaan daerah insya allah berjalan dengan baik,”paparnya.

Renville mencontohkan, soal legalitas LMDH, menurut dia Khofifah sudah paham betul akan data yang belum punya sertifikat. Khofifah sendiri kata Renville sudah menyampaikan hal itu kepada Presiden Joko Widodo. “Saya rasa di dalam RPJMD yang diajukan sudah melalui kajian dalam dan sudah bisa dilakukan apa tidak Soal legalitas LMDH bu Khofifah sudah mengecek dinotaris Dan kemarin beliau sudah melakukan pendekatan dan menyampaikan ke Jokowi Ini nyambung dan sejalan,” pungkasnya. (aca)

Posting Terkait