Ribuan Massa Aksi 115 Bela Palestina Berkumpul di Monas

JAKARTA (suarakawan.com) – Sejak Jumat (11/5) Subuh, ribuan massa sudah memenuhi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, untuk mengikuti aksi solidaritas Palestina. Mereka mengawali aksi dengan salat subuh berjamaah pada sekitar pukul 04.00 WIB.

Massa tidak hanya berasal dari daerah Jabodetabek, namun juga dari luar wilayah Jakarta dan sekitarnya seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sementara itu, Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta hari ini memutuskan untuk tidak beroperasi sebagai antisipasi dari demo yang mengecam keputusan Presiden AS Donald Trump memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Unjuk rasa 115 dengan tema “Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis dan Momen Pemersatu Umat Islam Indonesia dan Dunia Islam” ini dipusatkan di Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat.

Untuk menjaga keamanan, sebanyak 35.000 personil gabungan TNI-Polri dikerahkan.

“Kalau yang dilaporkan ribuan (massa), tapi bisa juga jutaan yang hadir,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Kamis (10/5) malam.

Desember lalu, Donald Trump mengumumkan bahwa negaranya mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan akan memindahkan kedutaannya ke Yerusalem – keputusan yang dikecam oleh negara-negara Arab dan Muslim.

Pada 21 Desember, Majelis Umum PBB – dalam sebuah gerakan yang disponsori oleh Turki – mengadopsi resolusi untuk menolak keputusan Trump. Resolusi itu didukung oleh 128 negara dan ditolak oleh sembilan negara, sementara 35 negara lain memilih abstain.(aa/rur)