Respon Perkembangan Pelajar, Polres Trenggalek Gelar FGD Bersama Kepala Sekolah

10 views

Polres Trenggalek berinisiasi menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama kepala sekolah, guru dan tenaga pendidik se Kabupaten Trenggalek di Rupatama Mapolres. Senin (14/10)

Sebagai narasumber utama adalah Kapolres Trenggalek AKBP jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K, M.H. bersama Kepala Kantor Kemenag Trenggalek Drs. H. Mohammad Badrudin, M.Pd.I, Kasi SMA dan PKLK Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Tulungagung-Trenggalek Riris Etikasari S.Pd.

AKBP Jean Calvijn menuturkan, FGD bersama guru dan tenaga pendidik ini merupakan respon atas meningkatnya kenakalan remaja dan tren perkembangan teknologi yang demikian pesat utamany amedia sosial.

Pada satu sisi, kemajuan IT membawa kemudahan namun disisi yang lain juga terdapat pengaruh negatif bagi anak dan pelajar yang harus disikapi secara bijak baik keluarga ataupun pihak sekolah. Karena jaman era digital sekarang ini tanpa disadari sering kali satu keluarga berkumpul tapi tidak pernah berkomunikasi

”Tadi pagi saya memimpin Upacara di SMKN 1. Saya melihat prestasi anak didik cukup baik.  Ujar AKBP jean Calvijn mengawali sambutannya. Prestasi yang ditorehkan merupakan keberhasilan dari bapak Ibu guru sekalian. Membawa anak-anak bangsa ini meraih cita-citanya.” Imbuhnya

Sementara itu Drs. H. Mohammad Badrudin, M.Pd.I mengatakan, bahaya penyalahgunaan Narkoba merupakan tanggung jawab bersama. Tidak bisa hanya dibebankan kepada pihak Kepolisian semata. Oleh sebab itu, pihaknya menyatakan siap membantu tugas Kepolisian memalui fungsi Kemenag serta turut aktif mendorong pencegahan melalui edukasi disekolah yang berada dibawah naungan Kemenag.

Sedangkan Riris Etikasari S.Pd, menekankan tentang peran penting keluarga dalam membentengi anak-anak agar tidak terjerumus dalam pengaruh negatif media sosial ataupun penyalahgunaan Narkoba dan kenakalan remaja.

“Ini merupakan pelajaran yang sangat baik untuk mengontrol anak didik kita. Kita semua pasti menginginkan anak-anak di Trenggalek ini tumbuh dengan baik dan berguna bagi bangsa dan negara” Ujarnya

Dalam sesi diskusi dan tanya jawab, beberapa peserta menyampaikan agar sosialisasi tentang media sosial, kenakalan remaja dan Narkoba lebih ditingkatkan dan meminta agar Kapolres juga berkenan menyambangi sekolah-sekolah yang berada di kecamatan atau pelosok sehingga hasil yang dicapai bisa lebih optimal.

Polres Trenggalek

Posting Terkait