Resmikan Tol Trans-Jawa, Jokowi Touring Surabaya-Semarang dengan Bus Damri

149 views

Surabaya (Suarakawan.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tujuh ruas tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa, Kamis (20/12/2018) hari ini. Ketujuh ruas tol itu adalah Tol Pemalang-Batang Seksi 1 dan 2 (Simpang Susun Pemalang-Batang), Batang-Semarang Seksi 1 sampai 5, dan Semarang-Solo Seksi 4 dan 5 (Salatiga-Kartasura). Kemudian, Tol Ngawi-Kertosono Segmen Wilangan-Kertosono, Kertosono-Mojokerto Seksi 4 (Bandar-Kertosono), Porong-Gempol Segmen Porong-Kejapanan, dan Gempol-Pasuruan Seksi 3 (Pasuruan-Grati).

Menariknya, Jokowi menjajal langsung tol Trans-Jawa dengan menusurinya menggunakan Bus Damri. Ruas yang akan dilintasi adalah dari Surabaya hingga Semarang.

Rombongan Jokowi bertolak dari Vasa Hotel, Surabaya sekira pukul 07.45 WIB menggunakan bus super-eksekutif milik DAMRI. Ibu Negara Iriana turut mendampingi Jokowi. Selain itu, hadir Menteri BUMN Rini M Soemarno; Gubernur Jawa Timur Sukarwo; juru bicara Presiden, Johan Budi SP; dan petinggi BUMN yang ikut dalam bus yang sama dengan Jokowi.

Rombongan masuk ke tol yang mengarah ke Mojokerto sejauh 36,27 km. Selanjutnya, dari Mojokerto ke Jombang sejauh 40,5 km. Dari Jombang perjalanan berlanjut dengan memasuki Tol Kertosono-Ngawi. Jarak yang ditempuh adalah 117,40 km. Dari Ngawi, Jokowi dan rombongan mengarah ke Solo. Jalur tol yang ditempuh sepanjang 90,43 km.

Terakhir, Jokowi dan rombongan akan menjajal Tol Solo-Semarang sejauh 72,64 km. Ada 5 bus yang ikut dalam perjalanan ini. Rencananya, Jokowi dan rombongan berhenti dan meninjau beberapa rest area di ruas tol yang dilalui.

Peresmian tol Trans-Jawa akan dilakukan di dua lokasi secara berurutan. Pertama di ruas tol Bandar-Kertosono dan lokasi kedua di Jembatan Kalikuto ruas tol Batang-Semarang. Panjang total ketujuh ruas tol tersebut yakni 201 kilometer. Setelah seremoni peresmian rampung, masing-masing tol itu akan dicek kembali kesiapannya oleh pihak terkait dan segera dioperasikan.

Sesuai data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sesudah peresmian itu maka Tol Trans-Jawa dari Merak sampai Surabaya akan tersambung dengan panjang 870 kilometer. Dari angka tersebut, sepanjang 640 kilometer sudah beroperasi, sedangkan sisanya lebih dari 200 kilometer siap dioperasikan.(dtc/kcm/ziz)

Jokowi

Posting Terkait