Rawat Masjid Dan Jamaah, NU Surabaya Gelar Gerakan Bakti Subuh

67 views

 

SURABAYA (Suarakawan.com) – Nahdlatul Ulama Cabang Kota Surabaya bersama lembaga dan badan otonomnya menggelar gerakan “Bhakti Subuh”. Kegiatan tersebut akan digelar setiap minggu dan diawali di Masjid Attaqwa, Jalan HR Muhammad Surabaya, Jumat (30/8).

Ketua Gerakan Bakti Subuh dr Sukma Sahadewa menjelaskan kegiatan gerakan Bakti Subuh adalah perpaduan ibadah dan dilanjutkan gerakan sosial kemasyarakatan yang di tempatkan di masjid, khususnya masjid milik warga nahdliyin.

“ Dalam gerakan Bakti Subuh tersebut terdiri dari berbagai macam kegiatan,dimulai dari Sholat Subuh berjamaah, kuliah subuh tujuh menit yang diberikan oleh para Ulama NU Kota Surabaya, layanan kesehatan, senam kesehatan muslim dan membersihkan masjid,”ujarnya dikonfirmasi, Sabtu (31/8).

KH Dr Achmad Muhibbin Zuhri Mag, Ketua NU Cabang Kota Surabaya menjelaskan gerakan Bakti Subuh tersebut bertujuan mendekatkan NU dengan umatnya sekaligus memelihara masjid.

“ Kegiatan gerakan Bakti Subuh di Masjid Attaqwa merupakan yang pertama kali, tujuannya ingin mendekatkan NU dengan umatnya dan merupakan bagian program dari Ri’ayatul Ummah wal Masajid yaitu bagian merawat atau memelihara umat dan masjid,”ujarnya.

Dikatakannya, program gerakan Bakti subuh tersebut dilaksanakan di masjid, khususnya masjid milik warga NU, dan di Surabaya masjid milik warga NU jumlahnya ratusan. Menurutnya sudah saatnya NU turun untuk memelihara Masjid sebagai basis kultural warga nahdliyin.

“Masjid-masjid kita sebagai basis kultural nahdliyin atau NU harus kita pelihara, supaya kedepan bisa kita berdayakan kapasitas dalam ibadahnya keilmuannya dan dalam sosial kemasayarakatnnya

Ia berharap gerakan Bakti Subuh NU Cabang Kota Surabaya tersebut bisa meningkatkan aqidah Ahlusunnah Wal Jamaah adan juga mampu memperkuat komitmen warga terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bakti Subuh tersebut mendapat respons positif dari para pengurus masjid maupun jamaah masjid. Kegiatan ini sangat baik dan bernilai positif. (Aca)

Posting Terkait