Presiden Jokowi Resmikan Tol Rembang – Pasuruan

Tidak ada komentar 91 views

PASURUAN (suarakawan.com) – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Jumat (22/6) meresmikan jalan tol Gempol – Pasuruan (seksi 2 Rembang – Pasuruan) tepatnya di ujung desa Rembang Kabupaten Pasuruan.

Peresmian seksi 2 Tol Rembang Pasuruan ini, ditandai dengan penekanan tombol sirene yang dilakukan oleh Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Gubernur Jatim, Soekarwo. Serta didampingi oleh menteri sekretaris negara, Pramono Anung.

“Alhamdulillah satu per satu pembangunan infrastruktur tol di Indonesia telah selesai, dan menteri PUPR juga telah menyampaikan progres pembangunan tol yang selesai pada 2018 ini. Dan diharapkan akhir 2018 pembangunan tol bisa selesai,” ujar Presiden Jokowi saat peresmian tol Rembang – Pasuruan.

Dikatakannya, dengan adanya peresmian tol ini diharapkan juga membuat arus logistik di Jatim menjadi cepat, bahkan pertumbuhan Ekonomi di masyarakat menjadi meningkat.

“Sekali lagi, kami harap tol ini bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya, dan pada 2019 tol di Jatim bisa menyambung hingga Banyuwangi,” tegasnya.

Jokowi menambahkan, untuk dana pembangunan tol ini dibiayai baik oleh pemerintah melalui BUMN Jasa Marga dan pihak swasta atau investor.

Sementara itu menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan tol yang diresmikan ini tol Rembang – Pasuruan ini bagian dari tol trans Jawa yang menghubungkan mulai Merak – Pasuruan. Dan pembangunan tol ini akan berlanjut hingga probolinggo yang akan selesai pada akhir 2018 ini. Ruas itu merupakan bagian dari Jalan Tol Gempol-Pasuruan yang panjang totalnya 34,15 kilometer sebagai penghubung antara Kecamatan Gempol dan Kota Pasuruan.

Gubernur Jatim, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah pusat atas beroperasinya tol Rembang – Pasuruan. Dan diharapkan adanya tol ini pertumbuhan ekonomi di Jatim semakin meningkat. (aca/rur)