Polsek Gayungan Laksanakan Pengamanan Kunjungan Menteri Pertanian

Polrestabes Surabaya (08/10/2018) : Guna menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Timur, Menteri Pertanian Republik Indonesia Amran Sulaiman memimpin langsung pelepasan ekspor mangga ke Singapura dan Malaysia.

Pelepasan ekspor buah yang dilaksanakan di kantor Dinas pertanian Jl. Ahmad Yani, Surabaya ini, tak hanya mengekspor buah mangga, namun juga hasil pertanian lainnya. Seperti bawang merah ke Philippina dan benih sayuran ke Vietnam dan China.

Untuk buah dan benih sayur yang di ekspor, diantaranya adalah Mangga Arumanis ekspor awal 5 pada target tahun 2018 sebanyak 100 ton, dengan eksportir PT. Mahkota Multi Mandiri, Tujuan Malaysia dan Singapura, asal Jombang, Kediri dan Gresik.

Sedangkan Bawang Merah Super Philip eksportir CV. Bawang Mas 99, ekspor awal 26 ton pada target tahun 2018 800 ton, dengan tujuan Philipina, asal  Probolinggo.

Untuk benih Kangkung KK ASA 04, di ekspor oleh PT. Java Karlos Indonesia, ekspor awal 20 ton, target tahun 2018 sebanyak 800 ton, dengan tujuan Vietnam, China, Malaysia, asal Lamongan.

Agenda pelepasan buah dan benih sayur ke sejumlah negara di Asia ini, juga diwarnai dengna penyerahan bantuan Hand Tacktor kepada kelompok tani oleh menteri pertanian RI secara simbolis yang didampingi oleh Gubernur Jatim.

Kelompok tani yang menerima Hand Tacktor ini sendiri masing-masing adalah kelompok tani Sumber Rejeki II asal Desa Plaosan Kabupaten Sidoarjo; kelompok tani Mantab Karya asal Desa Grabagan Kabupaten Sidoarjo; kelompok tani Sumbersari asal Desa Sumber Agung Kabupaten Lamongan; dan kelompok tani Rukun Tani asal Desa Plabuhan Rejo Kabupaten Lamongan.

Sementara itu, agar acara ini berjalan dengan aman dan lancar, agenda pelepasan ekspor buah dan benih sayur oleh Menteri Pertanian mendapat pengamanan dan pengawalan dari Polsek Gayungan Polrestabes Surabaya.***rh

Laporan : Kasi Humas Polsek Gayungan.

Editor : Saiful.