Polisi Sambangi Sekolah, Tekan Angka Pelanggaran Lalu Lintas Dikalangan Pelajar

30 views

Polres Trenggalek – Satlantas Polres Trenggalek semakin mengintensifkan kampanye keselamatan berlalu lintas kepada para pelajar. Setelah sebelumnya menyasar siswa sekolah dasar sebagai bagian dari edukasi sejak usia dini, kali ini giliran sekolah menengah yang mendapat kunjungan dari unitdikyasa satuan yang berkecimpung dibidang kelalulintasan ini.

Kanitdikyasa Aipda Ali Wibowo, S.H. bersama beberapa anggota berkunjung ke SMP Negeri 6 Trenggalek. Kedatangan Polantas ini disambut langsung oleh Kepala Sekolah berikut para tenaga pendidik lainnya.

Menempati salah satu ruangan di sekolah tersebut, Aipda Ali menyampaikan beberapa hal tentang kelalulintasan kepada sedikitnya 80 orang siswa. Dengan bantuan peralatan LCD proyektor, bintara Polri yang pernah lama berdinas di Satuan Binmas ini memaparkan pentingnya keselamatan berlalu lintas.

“Materi yang kita sampaikan mencakup hal-hal sedehana yang mudah kita temui sehari-hari, antara lain penggunaan helm, rambu dan lampu lalu lintas.” Ujar Aipda Ali

“Termasuk pelanggaran yang berpotensi fatalitas kecelakaan seperti kebut-kebutan, berkendara dalam pengaruh Miras atau Narkoba, spektek kendaraan sampai ke soal berboncengan tiga dan knalpot brong” Imbuhnya.

Menurutnya, berbagai permasalahan tersebut adalah yang paling sering terjadi dan dilakukan oleh pelanggaran usia sekolah. Selain itu, pihaknya juga memberikan gambaran testimoni dari para korban kecelakaan lalu lintas sehingga sedikit banyak dapat merubah pola pikir menjadi lebih baik serta menggugah kesadaran untuk lebih tertib dan disiplin dalam berlalu lintas.

“Kita sosialisasikan juga terkait dengan E-TLE yang sudah diterapkan di beberapa kota, dan insyaallah dalam waktu dekat juga dilaksanakan di Kabupaten Trenggalek.” Tambahnya

Kegiatan yang merupakan implementasi dari program Police Goes to School ini berlangsung cukup interaktif. Komunikasi berjalan dua arah dimana Aipda Ali bersama dengan anggota membuka ruang diskusi sehingga tercipta interaksi dua arah. Bahkan beberapa siswa Nampak tak sungkan untuk bertanya tentang seluk beluk kelalulintasan.

Seperti biasa, diakhir acara tim edukasi andalan Satlantas Polres Trenggalek ini melempar kuis kepada audience dan bagi yang berhasil menjawab dengan benar, sudah disiapkan hadiah menarik berupa T-shir atau kaos keren.

Posting Terkait