PLN Jatim Pastikan Pasokan Listrik Aman Saat Hari Raya Idul Fitri

SURABAYA (suarakawan.com) – PT PLN Distribusi Jawa Timur memastikan pasokan listrik saat Hari Raya Idul Fitri aman dan tidak akan ada pemadaman.

Manager Komunikasi, Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Jawa Timur, Dwi Suryo Abdullah mengatakan, PLN telah memastikan seluruh infrastruktur pendukung, baik jaringan ataupun gardu induk dalam keadaan siap dan baik.

“Secara sistem, kondisi kelistrikan di wilayah Jawa Timur bagus. Performa jaringan listrik juga kami pastikan dalam keadaan bagus dan aman. Ketersediaan pasokan juga masih surplus sekitar 1.500 Mega Watt,” ujarnya di PLN Distribusi Area Surabaya Selatan, Kamis (7/6/2018).

Ia melanjutkan, pada saat Ramadan, masing-masing Rayon juga telah melakukan pemangkasan dahan pohon yang berada di bawah jaringan.

“Supaya tidak ada gangguan akibat gesekan dahan dengan jaringan. Tidak mungkin kan dahan itu cepat tumbuh dalam waktu sebulan,” lanjutnya lagi.

Hingga kini, tercatat pasokan listrik dari seluruh pembangkit di wilayah Jawa Timur mencapai 9.000 MW. Sementara, beban puncak mencapai 5.600 MW.

“Jawa Timur juga mengirimkan listrik untuk memasok daerah Jawa Tengah sebesar 1.700 MW dan dikirim ke Bali sebanyak 300 MW. Sehingga, masih ada surplus sekitar 1.500 MW,” terangnya.

Melihat jumlah pasokan listrik dan kondisi jaringan yang sudah disiapkan, dikatakan Dwi, pihaknya optimistis tidak akan terjadi gangguan aliran listrik.(tbn/rur)