Peternak Sawiyah Asal Lamongan Senang Sapinya Dibeli Presiden

SURABAYA (Suarakawan.com) – Sawiyan Peternak asal Desa Takerharjo, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mengaku bangga sapi miliknya dibeli Presiden Joko Widodo, atau akrab disapa Jokowi, untuk keperluan kurban Hari Raya Idul Adha. Saking bangganya, sapi dengan bobot 1,05 ton yang di pasaran harganya berkisar antara Rp80 hingga 90 juta, hanya dijual seharga Rp. 65 Juta.

“Karena saya senang yang beli adalah presiden. Senang banget, sehingga saya kasih harga murah,” katanya.

Iya juga menambahkan, bahwa sapi miliknya adalah sapi juara. “Setiap tahun memenangkan kontes kecantikan sapi,” ujarnya, Selasa (21/8).

Dia mengatakan, sapi jenis peranakan Ongole setinggi 152 sentimeter dan panjang 170 sentimeter itu berumur 4,5 tahun.

Sapi sumbangan Jokowi Presiden itu hari ini, Selasa (21/8/2018) tiba di Masjid Agung Al Akbar Surabaya. Sawiyan sendiri yang mengantarkannya menggunakan kendaraan mobil bak terbuka.

Helmy M Noor Kepala Hubungan Masyarakat Masjid Agung Al Akbar Surabaya mengatakan, Jokowi setiap Hari Raya Idul Adha selama menjabat presiden memang selalu rutin menyumbangkan sapi kurban di masjid yang disebut terbesar kedua di Indonesia, setelah Masjid Istiqlal di Jakarta itu.

“Sapi ini luar biasa bagus, seperti yang anda lihat warnanya putih bersih,” ujarnya.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Al Akbar Surabaya, lanjut Helmy, akan digelar pada H+1 Idul Adha, yaitu Kamis, 23 Agustus.

“Penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Al Akbar Surabaya nanti, selain sapi dari Pak Jokowi, juga ada juga dari Pak Gubernur, Wakil Gubernur, serta pejabat Forkopimda Jatim lainnya. Insyaallah yang paling besar, bersih dan kokoh adalah punyanya Pak Jokowi,” ucapnya. (Aca/ant/rur)