Peserta Mudik Lebaran Kota Malang Melonjak Drastis

Tidak ada komentar 85 views

MALANG (suarakawan.com) – Peserta Mudik Lebaran Kota Malang N- Peserta mudik gratis 2018 ke berbagai daerah tujuan di wilayah Jawa Timur yang difasilitasi Pemerintah Kota Malang naik drastis dibanding tahun sebelumnya, yakni mencapai 901 orang dari kursi yang disediakan sebanyak 949.

Kepala Dinas Perhubngan (Dishub) Kota Malang Kusnadi di Malang, Jawa Timur, Kamis mengemukakan peserta mudik gratis tahun lalu hanya 725 orang yang diangkut dengan 15 unit bus. Sedangkan tahun ini pesertanya mencapai 901 orang dan akan diangkut dengan 19 unit bus.

“Para peserta mudik gratis ini akan diberangkatkan besok (Jumat, 8/6) dari halaman Balai Kota Malang menuju sejumlah daerah di wilayah Jawa Timur. Sebenarnya kursi yang kami sediakan 949 seat, namun yang terisi 901 kursi,” kata Kusnadi.

Mudik Gratis 2018 yang mengambil moto “Monggo Mudik Bareng Ker” itu bakal difasilitasi 19 unit bus, dengan rincian 13 bus Medali Mas, tiga unit bus Restu dan tiga bus Pelita Mas. Dari 19 unit bus tersebut, 9 bus diantaranya disediakan Pemkot Malang dan 10 bus lainnya bantuan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jatim.

Ke-19 unit bus yang mengantar ratusan pemudik itu akan terbagi menjadi 9 daerah tujuan (jurusan), yakni empat unit bus mengambil rute Malang-Sumenep (PP) dengan jumlah penumpang mencapai 191 orang, dua unit bus ke Malang-Pamekasan (PP) dengan jumlah penumpang 109 orang.

Selain itu, ada empat bus jurusan Malang-Bojonegoro (PP) dengan jumlah penumpang 178 orang, dua bus Malang-Ngawi (PP) dengan jumlah penumpang 103 orang, satu bus Malang-Ponorogo (PP) dengan jumlah penumpang 55 orang, tiga bus Malang-Trengga (PP) dengan jumlah penumpang 132 orang, satu bus Malang-Lumajang (PP) dengan 48 penumpang, satu bus Malang – Jember (PP) dengan 43 penumpang, dan satu bus Malang-Banyuwangi dengan 42 penumpang.

“Jumlah pemudik gratis secara keseluruhan pada tahun ini mencapai 901orang. Jumlah peserta tersebut naik cukup signifikan, termasuk armada pengangkutnya (bus) juga bertambah. Tahun lalu pemudik gratis yang berangkat 725 penumpang dengan 15 unit bus dan hanya ada 6 jurusan,” katanya.

Tahun lalu, katanya, dari 885 seat yang disediakan, yang terisi hanya 725 seat (82 persen). Sedangkan tahun ini tingkat keterisian seat mencapai 91 persen.

“Kami akan tetap melakukan pengawalan dengan memberikan satu petugas di tiap bus untuk mendampingi para peserta mudik gratis. Harapan kami program mudik gratis ini mampu mengatasi kemacetan selama Lebaran 2018, mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik,” tuturnya.(ant/rur)