Pesawat Jatuh Hantam Kerumunan, 3 Tewas, Puluhan Luka

Berlin (Suarakawan.com) – Sebuah pesawat jenis Cessna jatuh dan menabrak kerumunan orang di wilayah Hesse, Jerman. Sedikitnya tiga orang, termasuk seorang bocah laki-laki tewas dalam insiden ini.

Seperti dilansir Reuters dan BBC, Senin (15/10/2018), sejumlah orang mengalami luka-luka dalam insiden yang terjadi pada Minggu (14/10) sore, sekitar pukul 15.45 waktu setempat di wilayah Rhoen dekat kota Fulda.

Media-media lokal melaporkan bahwa pilot pesawat Cessna itu kehilangan kendali ketika mencoba melakukan pendaratan di sebuah lapangan udara di kawasan Wasserkuppe. Gunung Wasserkuppe merupakan puncak tertinggi di kawasan Pegunungan Rhon dan sangat populer di kalangan penerbang pesawat ringan dan penerbang layang.

Media lokal Osthessen News melaporkan bahwa ada yang salah dalam prosedur pendaratan, sehingga sang pilot membatalkan pendaratan dan berusaha untuk kembali menukik ke udara di menit-menit akhir. Namun sayangnya, pesawat itu tidak mengudara tepat waktu dan malah menabrak pagar pembatas dan menabrak kerumunan orang yang sedang menunggu.

Surat kabar Jerman, Bild, menyebut tiga orang mengalami luka parah hingga tewas. BBC melaporkan bahwa tiga korban tewas terdiri atas dua wanita dan satu bocah laki-laki. Identitas ketiganya masih belum dirilis. Namun si bocah laki-laki yang tewas dilaporkan berusia 10 tahun.

Keterangan kepolisian setempat menyebut lima orang lainnya luka-luka, termasuk empat orang yang ada di dalam pesawat. Sang pilot pesawat yang berusia 56 tahun dan tiga penumpangnya dilarikan ke rumah sakit setempat dengan luka-luka ringan.

Penyebab utama insiden ini belum diketahui pasti. Kondisi cuaca di lokasi saat insiden terjadi dilaporkan cukup baik. Kepolisian setempat masih melakukan penyelidikan menyeluruh.(dtc/ziz)