Pesan Kapolres Kepada Netizen Trenggalek: Sebarkan Virus Bijak Bermedsos

32 views

Polres Trenggalek – Sejumlah Warganet asal Trenggalek turut hadir meramaikan acara Kumpul Akbar Netizen Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Bidhumas Polda Jatim di Hotel Purnama kota Batu Malang. Acara ini digelar dalam rangka menyatukan dan memberi wadah ekspresi netizen Jawa Timur untuk berpartisipasi dalam menjaga Kamtibmas kondusif di Provinsi Jawa Timur. Jumat (27/9).

Acara dibuka oleh Kapolda Jatim yang diwakili oleh Kabidhumas Kombes Pol Frans Barung Mangera, S.I.K. dan dihadiri oleh sejumlah pejabat utama Polda Jatim, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, anggota DPRD kota Batu, Jajaran Bidhumas Polda Jatim, para Kasubbaghumas jajaran serta sedikitnya 500 orang netizen dan pegiat Medsos se-jatim.

Dalam sambutan Kapolda Jatim yang dibacakan oleh Kombes Pol Frans Barung Mangera menegaskan di era millenial saat ini kekuatan media sosial sangat mempengaruhi perkembangan zaman, oleh karena itu jajaran Bidhumas Polda Jatim telah melakukan berbagai upaya dalam mengelola perkembangan pengguna Medsos yang mencapai 150 juta netizen  Indonesia.

Kegiatan ini merupakan program Bidhumas sebagai salah satu upaya memberikan edukasi kepada masyarakat, agar memiliki pengetahuan bahwa hoax dan ujaran kebencian itu berbahaya dan mencegah masyarakat agar tidak membuat dan menyebarkan hoax.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. mengatakan, Polres Trenggalek mengirimkan sedikitnya 12 orang netizen mitra Kamtibmas yang memang benar-benar aktif di media sosial. Netizen tersebut secara nyata telah banyak membantu Kepolisian dalam menjaga Kamtibmas kondusif di Jawa Timur khususnya Kabupaten Trenggalek.

“Saya harap netizen Trenggalek sekembalinya dari acara bisa meneruskan ilmu dan pengetahuan yang di dapat. Menularkan virus kebaikan dengan memberikan edukasi positif bijak bermedia sosial melalui berbagai platfor yang ada.” Harap AKBP Jean Calvin

“Bersama-sama kita cegah Hoax, ujaran kebencian dan isu Sara. Ayo Jogo Jawa Timur” Imbuhnya

Sementara itu Kasubbaghumas Iptu Supadi yang kebetulan mendampingi para netizen menuturkan, kegiatan Kumpul Akbar tersebut menurut rencana akan berlangsung selama dua hari tanggal 27 hingga 28 September 2019.

“Rangkaian kegiatan cukup padat. Namun banyak hal yang bisa diambil pelajaran seperti penyampaian materi tentang bahaya Hoax, hate speech hingga soal Isu Sara yang banyak ditemukan akhir-akhir ini.” Ujar Iptu Supadi

“Tapi ya ndak melulu serius. Ada juga acara hiburan dan outbound.” Pungkasnya

Posting Terkait