SuaraKawan.com
Politik

PERKUAT PENYELENGGARAAN SPIP, KPU JATIM ADAKAN FGD

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Guna memperkuat penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim), Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jatim menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama 38 KPU Kabupaten/ Kota secara virtual.

Forum yang digelar secara daring ini berlangsung selama dua hari, mulai hari ini, Rabu (2/6) hingga besok hari Kamis (3/6) dengan dihadiri oleh Divisi Hukum dan Pengawasan, Sekretaris, Sub Koordinator Hukum, serta Operator SPIP dari 38 KPU Kabupaten/ Kota.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jatim, Muhammad Arbayanto, pada arahannya menyampaikan bahwa SPIP bukan barang baru di sebuah kelembagaan, termasuk KPU. SPIP menjadi satu bagian penting dalam konteks organisasi dan sejatinya KPU telah melakukannya, terutama pada masa tahapan Pemilihan maupun Pemilu.

“Dalam aktivitas tahapan, KPU telah melakukan identifikasi permasalahan, kemudian menyusun Standard Operating Procedure (SOP), dan ditindaklanjuti dengan berbagai langkah strategis untuk meminimalisir persoalan. Hal tersebut merupakan contoh praktik pengendalian intern pemerintah sudah berlangsung” papar Arba (2/6/2021).

Ia melanjutkan, dalam konteks SPIP yang dibutuhkan adalah sistem koordinasi, pasca terbitnya Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2019 jo Nomor 3 Tahun 2020, SPIP semakin memiliki landasan hukum yang kuat. Peraturan tersebut memerintahkan bahwa tugas pengendalian intern merupakan bagian dari Divisi Hukum dan Pengawasan.

“Artinya regulasi sampai dengan pengaturan secara teknis batasan dan tanggung jawab diampu oleh Divisi Hukum dan Pengawasan memang belum menyentuh pada hal-hal yang sifatnya  terkait dengan sejauhmana peran komsisoner dapat masuk  pengendalian intern di kelembagaan Kita,” jelasnya.

Sejalan dengan pernyataan di atas, Sekretaris KPU Jatim, Nanik Karsini menjelaskan dalam hal kebijakan merupakan ranah Komisioner, sedangkan Sekretariat adalah supporting.

“Tentu hal ini sangat penting, karena bagian akhir dari pekerjaan SPIP ada di wilayah sekretariat”, tegas Nanik.

Adapun lingkup kerja SPIP, mulai dari indentifikasi setiap unsur hingga penyusunan laporan didiskusikan dalam FGD hari ini yang dipandu oleh Koordinator Hukum; Teknis; dan Hupmas, Yulyani Dewi.

(AFN/ ed. Red)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

KPU Surabaya Rapat Pokja Kampanye Pilwali Surabaya

redaksi

SBY Sebut Ada Polarisasi Tajam, TB Hasanuddin: TNI/Polri Kompak Jaga NKRI

Redaksi Surabaya

UCAPAN SELAMAT ATAS PELANTIKAN PEJABAT PADA SEKRETARIAT JENDERAL KPU RI

redaksi