SuaraKawan.com
Trenggalek

Penutupan Operasi Keselamatan Semeru 2024, Satlantas Trenggalek Bagikan Takjil dan Helm Gratis

Polres Trenggalek – Hari terakhir berlangsungnya Operasi Keselamatan Semeru 2024 benar-benar dimanfaatkan oleh jajaran Satlantas Polres Trenggalek untuk mengoptimalkan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas dan keselamatan berkendara.

Hal ini dibuktikan dengan rangkaian kegiatan yang bisa dibilang cukup padat. Sosiliasi ini digelar dengan menggandeng berbagai komunitas yang ada di Kabupaten Trenggalek. Diawali dengan kumpul bareng bersama komunitas bikers di Mapolres Trenggalek dilanjutkan dengan penyaluran bantuan sosial kepada Panti Asuhan Al Muhajirin yang berada tepatnya di Desa Ngulanwetan Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek. Minggu, (17/3).

“Iya betul. Kami sengaja menggandeng para bikers ini dengan tujuan sebagai penghobi sepda motor tentunya mereka akan sering bersentuhan langsung dengan kendaraan dan jalan raya. Mereka bisa menjadi teladan sekaligus pelopor keselamatan berlalu lintas.” Jelas Kasatlantas AKP Mulyani, S.E., M.Si.

Tak berhenti disitu, sembari menunggu beduk maghrib, para Polantas Bumi Menak Sopal berkolaborasi bersama komunitas bina vokla Trenggalek menggelar bagi-bagi takjil gratis kepada pengguna jalan yang kebetulan melintas di depan Pos lantas tepatnya di simpang tiga Widowati.

Uniknya, disela-sela pembagian takjil tersebut, dilakukan pula edukasi kepada pengguna jalan dengan membagikan pamflet berisi tentang tips berkendara yang aman dan berkeselamatan.

“Kita bagikan pula helm SNI gratis khusus bagi anak-anak. Meski sederhana, ini akan terus diingat dan menjadi memori yang mungkin tidak akan dilupakan sehingga kedepan, anak-anak ini akan menjadi generasi yang patuh aturan dan senantiasa tertib berlalu lintas.” Imbuhnya.

Tak ketinggalan, pihaknya juga berterima kasih kepada komunitas baikers dan bina vokal Trenggalek yang terlibat secara aktif dalam mengkampanyekan tertib berlalu lintas di Kabupaten Trenggalek. Pihaknya berharap kontribusi nyata ini akan membawa dampak pada meningkatnya kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat dan bisa menginspirasi komunitas lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Sementara itu Dilla, salah satu perwakilan dari Bina Vokal Trenggalek turut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Polres Trenggalek yang telah memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam Operasi Keselamatan Semeru 2024.

“Semoga Trenggalek semakin aman, nyaman dan angka kecelakaan semakin menurun.” Ucapnya.

Sebagai informasi, Operasi Keselamatan Semeru 2024 digelar selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 4 sampai dengan 17 Maret 2024. Dalam Operasi ini Polres Trenggalek melibatkan sedikitnya 65 personel yang terbagi dalam beberapa satuan tugas atau Satgas antara lain, Satgas Deteksi, Preemtif, Preventif, Gakkum dan Banops.

Adapun target prioritas operasi keselamatan semeru 2024 antara lain, penggunaan helm tidak SNI, melawan arus, penggunaan HP saat berkendara, berkendara dibawah pengaruh alkohol maupun Narkoba, melebihi batas kecepatan, berkendara dibawah umur, kendaraan tidak sesuai spesifikasi teknis dan balap liar.