Pentingnya Hak Pilih Dalam Pemilu, KPU Sosialisasi Ke HMI Cabang Surabaya Korkom Sunan Ampel

Hupmas, SURABAYA – Kamis malam (13/12/2018), KPU Surabaya lanjutkan sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis pemilih pemula ke Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Surabaya Koordinator Komisariat Sunan Ampel.

Acara dibuka oleh Ketua Koordinator Komisariat HMI Sunan Ampel, Dzilal. Melalui kegiatan sosialsiasi yang menyasar pemilih pemula, diharapkan para pemilih pemula seperti mahasiswa bisa memahami lebih jauh tentang pemilu dan pentingnya pemilu. “Kami ucapkan terima kasih kepada KPU yang sudah berkenan memberikan ilmunya kepada kami dan semoga pemilu 2019 mendatang berjalan dengan lancar,” jelas Dzilal dalam sambutannya.

Bertindak sebagai narasumber dalam sosialisasi ini adalah anggota KPU Surabaya Divisi Hukum dan Pengawasan, Miftakul Ghufron. Selain menyampaikan tentang sejarah kepemiluan di Indonesia, penyelenggara pemilu, dan jenis-jenis surat suara yang akan diterima ketika di Tempat Pemungutan Suara (TPS) turut dijelaskan pula tentang pentingnya penggunaan hak pilih.

“Pemilu itu bukan hanya sekedar sarana untuk memilih pemimpin saja tapi lebih dari itu, pemilu sebagai salah satu pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM), khususnya berkaitan dengan hak pilih setiap warga negara,” jelas Ghufron yang juga merupakan Alumnus UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut.

Lebih lanjut, Ghufron menjelaskan bahwa mahasiswa harus berperan aktif dalam pemilu salah satu wujudnya dengan menggunakan hak pilih. Karena bukan sebuah alasan lagi ketika tidak bisa menggunakan hak pilih di daerah asal. Mahasiswa bisa mengurus pindah pilih di TPS terdekat dengan mengurus surat pindah pilih dengan mengurus form A5 ke KPU Surabaya dengan membawa KTP-elektronik dan harus terdaftar di DPT. Untuk pengecekan sudah terdaftar atau belum bisa melalui aplikasi berbasis android yaitu aplikasi “KPU RI PEMILU 2019.” (guh/esar)