Pengunjung YouTube Capai 1,8 Miliar Setiap Bulan

Tidak ada komentar 50 views

JAKARTA (suarakawan.com) – CEO YouTube Susan Wojcicki mengumumkan jumlah penonton video di platformnya yang kini telah mencapai 1,8 miliar log in tiap bulan. Jika dilihat hanya dari angka log in, penonton YouTube bisa jadi lebih besar mengingat pengguna tak perlu log in untuk menonton di platform video Google itu.

Angka tersebut meningkat pesat dalam setahun perjalanan YouTube. Pada Juni 2017, YouTube mengumumkan penonton log in mereka hanya 1,5 miliar, artinya platform ini mendapat 300 juta tambahan penonton terdaftar kurang dari setahun.

Dalam platform YouTube TV sekitar 150 juta jam video YouTube ditonton pengguna setiap hari. Dengan pertumbuhan pesat ini, Wojcicki mengatakan bahwa perusahaan akan memastikan tanggung jawab menjadi fokusnya.

“Sangat penting bagi saya dan semua orang di YouTube agar kami bertumbuh secara bertanggung jawab. Tidak ada pedoman bagaimana platform terbuka beroperasi dalam skala kami,” ujarnya.

Dia juga melanjutkan dengan menyampaikan kemampuan YouTube untuk memantau konten negatif dengan baik. Wojcicki mengungkap YouTube telah membangun “infrastruktur dan alat” untuk mengelola platformnya dengan baik selama setahun terakhir.

Selain itu, mereka juga membuat pedoman dan kebijakan lebih ketat. Mereka berkomitmen dengan menyiapkan lebih banyak orang untuk memantau konten, dan mengandalkan teknologi “mesin pembelajaran terbaru”.

Sayangnya, Wojcicki tidak mengungkapkan strategi baru untuk mengelola platform YouTube dengan lebih baik ini.

Selain itu, YouTube juga mengumumkan bahwa mereka akan membuat konten original sendiri untuk menambah video berkualitas dan sekaligus menambang jumlah penonton. Dari Slow Mo Guys hingga Kevin Hart, konten original YouTube mendapat 700 juta penayangan di seluruh episode dan klip terkait.
Lihat juga: YouTube Remix Akhiri Keberadaan Google Play Music
Salah satu konten yang akan dirilisnya tahun ini termasuk Will Smith: The Jump Off. Episode tersebut akan dibintangi aktor Will Smith yang melakukan bungee jumping dari sebuah helikopter.

Sebelumnya, sejak awal 2018 pengetatan monetisasi channel YouTube diberlakukan. Aksi ini dilakukan setelah YouTuber Logan Paul membuat video di sebuah situs bunuh diri Jepang. Dalam videonya, tubuh seseorang yang bunuh diri terlihat sehingga menuai protes keras dari penonton.

Ketentuan tersebut membuat seluruh video yang akan ditampilkan menjalani proses kurasi manual dan iklan hanya dapat ditampilkan pada video yang sudah terverifikasi mengikuti panduan ramah iklan milik Youtube. (cnn/rur)

Tag: