PENGUNJUNG PEMILU EXPO TERUS LINTAS SEGMEN, MULAI SATPOL PP HINGGA PEMILIH PEMULA

Pengunjung Melakukan Pengecekan Data Pemilih pada Stand KPU Jatim

Surabaya, kpujatim.go.id – Stand Pemilu Expo Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur di hari ketiga pelaksanaan Jatim Fair 2018, Kamis (11/10) nenjadi primadona pengunjung. Jumlah pengunjung yang datang ke stand 53 – 54 di Grand City Surabaya, terus mengalami peningkatan, dengan berasal dari berbagai segmen pemilih serta pihak terkait.

Beberapa di antaranya pengunjung dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), beberapa dinas terkait, serta dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Mereka datang ke stand dengan berbagai keperluan, mulai dari cek Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara online, meminta brosur tahapan Pemilu 2019, serta ada yang bermain game yang berkaitan dengan kepemiluan yang pesertanya bisa mendapat souvenir menarik dari Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Jawa Timur.

Salah satu pengunjung yang juga komandan regu (Danru) Satpol PP Surabaya Sujono mengatakan, dia bersama lima orang anak buahnya kebetulan sedang giat jaga di arena Jatim Fair 2018. Saat keliling terdapat stand KPU Provinsi Jawa Timur, yang menurutnya menarik dengan kondisi kekinian yakni terkait kepemiluan. Dia bersama anak buahnya langsung masuk stand, mengamati hingga menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan tahapan Pemilu 2019. Salah satunya mencek langsung secara online untuk DPT, apakah sudah terdaftar atau tidak dalam Pemilu 2019 mendatang.

“Selama ini yang kami lakukan penertiban atribut kampanye saja, tapi ternyata banyak pengetahuan yang lain saat berkunjung ke stand KPU Jatim. Salah satunya juga ada GMHP (Gerakan Melindungi Hak Pilih), ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh salah satu guru SMK di Kota Surabaya, Hartono. Dia mengaku keberadaan Pemilu Expo di stand KPU Jawa Timur, cukup banyak membantu bagi dirinya. Salah satunya bisa memperoleh pengetahuan dasar tentang Pemilu 2019, yang selanjutnya untuk disampaikan kepada muridnya yang sudah memasuki fase bisa dan dapat menggunakan hak pilih.

“Terlebih seperti kami yang dihadapkan dengan pemilih pemula. Stand Pemilu Expo seperti ini bisa menjadi solusi agar pemilih pemula tidak Golput,” pungkasnya.

(BAY)