Pengamanan Aksi Longmarch di Trenggalek, Petugas Bagikan Air Minum

24 views

Polres Trenggalek – Ada yang luput dari perhatian saat petugas Kepolisian dari Polres Trenggalek melaksanakan pengamanan aksi longmarch yang digelar oleh salah satu elemen masyarakat di gedung DPRD Kabupaten Trenggalek.

Beberapa petugas berseragam Kepolisian nampak membagikan air minum kepada para peserta aksi. Maklum saja, cuaca pada saat itu bisa dikatakan cukup terik. Matahari benar-benar seperti berada tepat berada diatas kepala.

Melihat kondisi tersebut, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Suprihanto, S.H. dibantu beberapa anggota segera membagikan air minum kemasan kepada para peserta aksi. Tak hanya kepada peserta aksi, masyarakat yang kebetulan berada disekitar lokasi pun menerima aiar minum.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.H., menegaskan, sejak awal pihaknya memang telah menginstruksikan kepada seluruh petugas yang terlibat pengamanan untuk bersikap humanis dan tidak bersikap arogan tanpa mengurangi sikap tegas dan profesional.

“Kita gunakan pendekatan preemtif dan humanis, sepanjang massa bisa dikendalikan dengan tertib” demikian kata AKBP Jean Calvijn saat memimpin Apel pengamanan di halaman Mapolres pagi tadi. Senin (30/9).

Dengan pola pengamanan humanis, sedikit banyak akan mengurangi emosi dan ketegangan ditambah lagi cuaca yang memang cukup terik.

“Apa yang kami lakukan ini adalah salah satu bentuk pelayanan demi terjaganya Kamtibmas kondusif di Trenggalek.” Ujar AKBP Jean Calvijn.

“Sampai akhir kegiatan, berjalan aman, tertib, lancar dan damai.” Pungkasnya

Untuk diketahui, dalam rangka mengamankan aksi longmarch dari elemen masyarakat yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Trenggalek (ART) menuntut penolakan RKUHP dan RUU KPK tersebut, pihak kepolisian menurunkan sedikitnya 172 personel. Keseluruhan terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya Dalmas awal dan Dalmas inti, pasukan Polwan Asmaul Husna, tim negosiator, tim tindak, pengawalan dan tim tirai serta patroli mobile.

Polres Trenggalek

Posting Terkait