Pendaftaran Calon Relawan Demokrasi Pemilu 2019 di KPU Surabaya

Hupmas, SURABAYA – Memasuki hari kedua pendaftaran pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu 2019 di KPU Surabaya, Sabtu siang (12/01/2019) terlihat beberapa calon sudah menyerahkan berkas.

Beragam motivasi yang mendorong mereka mendaftar, seperti yang disampaikan oleh M. Indra Kurniawan. Motivasi mendaftar karena ingin mengembangkan diri dan serta berpartisipasi.

“Motivasinya lebih untuk mengembangkan diri dan berpartisipasi menjadi relawan demokrasi terutama sebagai pemilih pemula,” jelas Indra yang merupakan mahasiswa UINSA Surabaya.

Senada dengan Indra, motivasi Novenia Hizkia Wulansari mendaftar sebagai Relawan Demokrasi adalah untuk mencari pengalaman serta ingin menginspirasi pemilih pemula untuk menggunakan hak suaranya.

Relawan Demokrasi Pemilu 2019 merupakan program yang digagas KPU dengan melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari basis pemilih diantaranya basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, dan basis warga internet.

Melalui program ini, diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran terhadap pentingnya pemilu dan mampu menggerakkan masyarakat disekitarnya. Pendafatran Relawan Demokrasi di KPU Surabaya dibuka sampai dengan hari Senin, tanggal 14 Januari 2019 pukul 16.00 WIB. (guh/esar)