Pelayanan SIM Bagi Difabel Di Satpas Colombo Surabaya

Surabayaraya.com – Satlantas Polrestabes Surabaya Selau Memberikan Pelayanan Prima Kepada Pemohon SIM, Namun ada yang menarik pelayanan yang disajikan kepada difabel di Satpas Colombo Surabaya.

Kasat lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pandia menjelaskan, kami memberikan pelayanan baru. Dengan membentuk petugas khusus bagi pemohon SIM yang disabilitas dengan sarana dan prasarana khusus, diantaranya ada loket khusus bagi penyandang difabel, kursi roda, parkir khusus difabel, jalan yang di khususkan untuk difabel dan juga toilet khusus.

“Pelayanan tersebut kami berikan dikandung maksud untuk mempermudah para penyandang difabel untuk mendapatkan SIM”, ujarnya, Senin (17/9/2018).

Pelayanan dalam bentuk memproses SIM yang diajukan oleh teman-teman difabel yaitu SIM D, dalam undangan-undang ada regulasinya, tetapi jelas bahwa kami akan menganalisa terlebih dulu apakah penyandang difabel itu mampu mengemudikan dengan baik, berkendara dengan aman.

Dalam undang-undang juga disebutkan juga masalah Penglihatan, Pendengaran, Fisik atau perawakan. Karena kalau ada gangguan panca indera atau lainnya tentunya tidak bisa, tetapi karena cuma hanya keterbatasan fisik karena gangguan dari lahir atau karena kecelakaan dan dapat mampu berkendara dengan baik di jalan maka akan diberikan SIM D itu.

“Itupun melalui ujian teori, ujian praktek dan tentunya syarat lainnya,” tutup Pandia.

Jika penyandang cacat ataupun Difabel saja mau berkendara dengan tertib lalu lintas dan juga tertib di jalan dengan memiliki SIM, seharusnya masyarakat pada umumnya yang belum memiliki SIM terdorong untuk segera membuat SIM, agar saat berkendara di jalan taat dan patuh agar bisa terhidar dari kecelakaan lalu lintas.***fal