SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Sragen

Penulis : Devi Fitria Permata Sari
Prodi Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Reformasi birokrasi bukanlah sekedar perubahan struktur dan reposisi birokrasi. Lebih dari itu reformasi birokrasi harus meliputi perubahan sistem politik dan hukum secara menyeluruh, perubahan sikap mental dan budaya birokrasi dan masyarakat, serta perubahan mindset dan komitmen pemerintah serta partai politik.

Di Kabupaten Sragen terdapat sejumlah program inovasi. Sejumlah program tersebut ada tiga kelompok besar program yaitu program reformasi birokrasi sebagai wujud pembenahan aspek-aspek internal kelembagaan pemerintahan daerah, program re-engineering pelayanan publik dengan penataan pelayanan prima dalam fasilitasi dan pemberian dukungan terhadap upaya masyarakat membangun diri sendiri, serta program pemberdayaan masyarakat & PNS dengan paket-paket program yang mendorong masyarakat dan PNS menjadi maju dengan kapasitas yang mereka miliki.

Dalam bidang reformasi birokrasi, program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sragen terbagi dalam berbagai aspek yakni aspek struktur pemerintahan, aspek budaya SDM pemerintahan, aspek e-government serta aspek pengelolaan anggaran daerah. Pada aspek struktur pemerintahan, Pemerintah Kabupaten Sragen melaksanakan berbagai program seperti: restrukturisasi satuan kerja perangkat daerah yang miskin struktur tapi kaya fungsi dan sesuai dengan kebutuhan daerah; pembentukan lembaga adhoc seperti marketing unit dan engineering services yang tidak masuk struktur tetapi mengemban fungsi yang justru menunjang pelaksanaan fungsi-fungsi pemerintahan lainnya secara lebih optimal; serta pengembangan fungsi satuan kerja sebagai sebuah korporasi yang mengusung fungsi sosial.

Dalam bidang pelayanan prima, Pemerintah Kabupaten Sragen melaksanakan berbagai program seperti : pelayanan dengan konsep small management dengan melimpahkan  sebagian kewenangan dan fungsi pemerintahan kabupaten ke kecamatan dan desa/kelurahan; mengembangkan wisata pelayanan publik, serta membebaskan biaya pembuatan akte kelahiran dan pengurusan Surat Ijin Usaha bagi pengusaha pemula.

The post Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Sragen appeared first on SIDOARJO TERKINI.

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Buruh Pabrik Rokok di Kecamatan Jabon Dapatkan Pelatihan Ketrampilan Kerja dari DBHCT

redaksi

Dua Motor Tabrakan Depan Samsat Krian, 1 Pengendara Gegar Otak

redaksi

Peringati HUT NasDem ke-9, Cak Sochib : Usung Semangat Restorasi di Sidoarjo

redaksi