SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Patroli Pesisir, Polres Trenggalek Gandeng Polair Hingga Komunitas Nelayan

Polres Trenggalek – Sebagai wilayah pesisir selatan, Kepolisian Resor Trenggalek cukup aktif membina dan menjaga keamanan lautnya. Salah satunya melalui program `Padang Pasir` yang merupakan akronim dari patroli ledang pantau pesisir. Kegiatan patroli ini rutin digelar di tiga wilayah yakni Kecamatan Watulimo, Panggul dan Munjungan.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. patroli pesisir pada dasarnya bertujuan untuk memberikan rasa aman khususnya kepada para nelayan yang banyak beraktivitas di laut. Disamping itu, patroli tersebut digelar dalam rangka menjaga keamanan dan mengantisipasi kemungkinan kejahatan laut seperti pencurian sumberdaya alam, penyelundupan laka laut hingga Human Trafficking atau perdagangan manusia.

“Kawasan pesisir memiliki kerawan tersendiri. Oleh sebab itu metode pengamanan yang diterapkan pun juga berbeda. Dalam pelaksanaannya, kita bekerjasama dan bersinergi bersama Polair dan Pos TNI AL Watulimo. Termasuk juga paguyuban nelayan.” Jelas AKBP Dwiasi

Dengan patroli ini, setiap kejadian sekecil apapun akan mudah terpantau dan bisa dilakukan penanganan secara cepat dan tepat.

Sementara itu, Kapolsek Watulimo AKP Suyono, S.H., M.Hum., yang memimpin langsung jalannya patroli pesisir menegaskan, Patroli Ledang pesisir ini merupakan wujud kolaborasi apik antara jajaran Kepolisian dengan stakeholder terkait untuk menciptakan Kamtibmas kondusif khususnya diwilayah perairan Watulimo.

“Hari ini patroli kita arahkan di seputaran pantai prigi, pasir putih, simbaronce, pantai mutiara dan TPI dimana cukup banyak kapal nelayan yang bersandar dan melakukan aktivitas. Kita pantau keamanan dan sampaikan imbauan untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas di masa pandemi Covid-19.” Ujar AKP Suyono.

Lebih lanjut AKP Suyono menuturkan, patroli  tersebut digelar menggunakan kapal patroli milik Polsek Watulimo yang memang berukuran cukup besar sehingga bisa menjangkau hingga pulau terluar.

“Alhamdulillah, sampai saat ini kondisi keamanan pesisir Watulimo kondusif.” Pungkasnya.

Related posts

Gelar Prarekonstruksi di TKP Kasus Brigadir J, Polri Pastikan Komitmen Pembuktian Ilmiah

Redaksi Mojokerto

825 Anggota Polres Gresik Menerima Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap II

redaksi

Antisipasi “Street Crime”, Kapolresta Mojokerto Patroli Malam Gunakan Motor

Redaksi Mojokerto