SuaraKawan.com
Gresik

Pasar Bandeng di Desa Suci Diawasi TNI-POLRI

GRESIK – Tradisi pasar bandeng yang rutin diadakan menjelang Idul Fitri di Kota Gresik, kembali digelar setelah sebelumnya sempat ditiadakan gegara pandemi Covid-19.

Meski Pemkab Gresik mengijinkan digelar kembali, pasar bandeng tahun ini berbeda dari biasanya. Ada syarat yang harus dipenuhi.

Pemerintah Kabupaten menggelar pasar bandeng disepuluh titik berbeda. Tujuannya mencegah kerumunan dan mencegah penyebaran Covid-19. Biasanya, pasar itu digelar terpusat di seputaran alun-alun dan gardu Suling Gresik.

Titik digelarnya pasar bandeng tersebut diantaranya, lapangan Gembos di Kecamatan Bungah, lapangan Sitarda di Kecamatan Ujung Pangkah, Alun-alun Kecamatan Sidayu, lapangan Desa Suci di Kecamatan Manyar dan multi sarana Plaza Gresik.

Lalu, lapangan Manunggal di Kecamatan Kecamatan Kedamean, lapangan Klampok di kecamatan Benjeng, lapangan Desa Menganti serta lapangan Kecamatan Duduk Sampeyan.

Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd membuka secara resmi pasar bandeng di lapangan Gembos, Bungah, Rabu sore 5 Mei lalu.

Sementara di lapangan Desa Suci hanya terdapat 5 lapak penjual bandeng dari 40 lapak yang terisi. Lapak lainnya diisi dengan dagangan baju, mainan anak dan warung kopi.

Diantaranya Ibu Rodiah dari Desa Karangrejo, Kecamatan Manyar, Huda dari Desa Betoyoguci, Rozak asal Ujungpangkah, dan dari Mengare Kecamatan Bungah ada Khoiron serta Mudlofar.

Mereka mengaku omzet pendapatan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Sebelum membawa bandeng kawak (lama) berusia diatas satu tahun ke lapangan Desa Suci. Terlebih dahulu mereka menjajakannya di perumahan GKB.

Baru selepas Ashar dibawa ke stan pasar bandeng. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, penjual wajib memakai masker.

Polsek Manyar menerjunkan Bhabinkamtibmasnya berkolaborasi dengan Babinsa Koramil 0817/06 mengawasi ketat penerapan protokol kesehatan.

Aiptu Heri Sukamto dan Serka Randim setiap hari melakukan pengecekan sembari mengedukasi para pelapak maupun pengunjung untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak.

“Kami sengaja mengawasi ketat terkait protokol kesehatan, jangan sampai kendor menerapkannya.” ungkap Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti Pria Laksana, SIK, MH mewakili Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, SH, SIK, MM, Senin (10/5/2021).

Dalam hal ini pemerintah telah memberikan kebijakan sektor ekonomi harus tetap menggeliat namun kepatuhan protokol kesehatan jangan diabaikan.

Iptu Bima Sakti mengimbau masyarakat jangan lalai mengikuti anjuran pemerintah. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas sebagai ikhtiyar menekan laju Covid-19.(jm)

The post Pasar Bandeng di Desa Suci Diawasi TNI-POLRI appeared first on Tribratanews Gresik.

Sumber : Polres Gresik

Related posts

Tradisi Malam Selawe, Peziarah Makam Sunan Giri di Tes Swab

redaksi

POLRES GRESIK MENGIKUTI LAUNCHING TV RADIO POLRI SECARA VIRTUAL.

redaksi

Peran Bhabin Dan Babinsa Di Desa Binaan // Polsek Ujungpangkah

redaksi