Pantai Ancol Aman dari Erupsi Anak Krakatau

173 views

Jakarta (suarakawan.com) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan wilayah Pantai Ancol dan pesisir laut utara Jakarta tidak akan terdampak aktivitas Anak Krakatau. Oleh karena itu, BNPB mengimbau masyarakat ibu kota tetap tenang.

“Untuk daerah Ancol aman dari tsunami Selat Sunda dan aktivitas erupsi yang ada di Anak Krakatau,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Sutopo mengharapkan masyarakat DKI Jakarta tidak perlu khawatir soal kondisi bencana di Selat Sunda itu. Menurutnya, kecil kemungkinan pesisir Jakarta terdampak erupsi Anak Krakatau.

“Lokasinya jauh dari Jakarta, jauh dari Ancol. Jadi, tidak perlu khawatir,” kata dia.

Meski demikian Sutopo meminta seluruh masyarakat tetap memperhatikan informasi terkait kondisi alam dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Saat ini, yang perlu diperhatikan adalah tinggi gelombang laut.

Sutopo menambahkan, di beberapa wilayah ada potensi gelombang tinggi yang bisa memicu pasang air laut. “Masyarakat bisa terus memantau tinggi gelombang dari BMKG,” pungkasnya.(jpn/gus)

ancol krakatau tsunami tsunami selat sunda wisata

Posting Terkait