Pakde Karwo Minta Semua Pihak Hormati Dan Jalankan Putusan MK

SURABAYA (Suarakawan.com) – Pemerintah Provinsi Jatim akan segera menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yakni menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di Kabupaten Sampang, Madura.

Gubernur Jatim, Soekarwo di Surabaya, Kamis (6/9) mengatakan pihaknya akan memanggil asisten 1 dan Bakesbangpol Jatim untuk menggelar rapat kecil untuk putusan PSU di Sampang Madura. “Prinsipnya kita tunduk pada keputusan Mahkamah Konstiusi (MK) dan setelah mendampingi Presiden kunjungan di Jatim selesai (kamis – red)  akan mengadakan rapat kecil dengan Asisten 1 Sekdaprov dan Bakesbangpol serta mengikuti apa yang akan dilakukan oleh KPU,”ujarnya.

Ia menjelaskan,bahwa perintah putusan MK itu harus jalan sehingga sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) juga harus disediakan segera. “Kebutuhan anggaran PSU tentu harus disediakan Pemkab Setempat. Karena pelaksanaannya tidak lebih 60 hari otomatis kebutuhan PSU dianggarkan melalui P-APBD 2018,” jelas Pakde Karwo sapaan akrabnya Gubernur Jatim, Soekarwo.

Seperti diketahui, Sidang putusan PHPU Pilkada Sampang diputus dalam Rapat Permusyawaratan Hakim oleh sembilan hakim konstitusi dan dihadiri pemohon/kuasa hukumnya, termohon/kuasa hukumnya, beserta sejumlah pihak terkait.

MK menginstruksikan KPU Sampang menggelar pelaksanaan pemungutan suara ulang dengan mendasarkan pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah diperbaiki. Selanjutnya, memerintahkan kepada lembaga penyelenggara dan lembaga pengawas untuk melaporkan secara tertulis kepada MK selambat-lambatnya tujuh hari kerja setelah PSU. (aca)