Pakai Ini, Tagihan Listrik Rumah Menteri Jonan Tak Sampai 1 Juta

Menhub Jonan Ignatius

JAKARTA (suarakawan.com) – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan bercerita saat ini tak lagi perlu membayar mahal tagihan listrik rumah. Menteri Jonan mengaku tagihan listrik di rumahnya kini bisa di bawah Rp 1 juta.

Kok bisa? Hal itu terjadi setelah Menteri Jonan memutuskan untuk menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di atap rumah (roof top).

Menteri Jonan mengaku telah menggunakan PLTS di kediaman, baik rumah dinas maupun rumah pribadi, dengan kapasitas 15,4 kilo Watt peak (kWp).

“Saya sudah menggunakan, rumah dinas dan rumah pribadi,” kata Menteri Jonan, seperti dikutip Minggu (22/7).

Menurut Menteri Jonan, setelah menggunakan PLTS roof top untuk melistriki rumah, hal yang paling dirasakan sebelum dan sesudah penggunaan adalah penghematan pembayaran listrik yang cukup fantastis.

“Tagihannya (listrik) mungkin Rp 4 juta sampai Rp 5 juta, mungkin sekarang tidak nyampe Rp 1 juta,” tuturnya.

Dia pun punya gagasan untuk mendorong penggunaan PLTS pada bangunan. Namun, dia harus mengeluarkan peraturan terlebih dahulu.

Sebab, penggunaan PLTS roof top selain dapat menghemat tagihan listrik, juga dapat meningkatkan kapasitas listrik terpasang.

“Kalau ditawarkan ke pelanggan PLN, mungkin bisa 5 sampai 10 tahun bisa tambah 10 ribu Mega Watt,” dia menandaskan.(mdk/rur)