Mudik Tanpa Mengorbankan Puasa, Ini Tipsnya

Tidak ada komentar 60 views

JAKARTA (suarakawan.com) – Mudik merupakan tradisi khas menjelang lebaran, karenanya bisa dipastikan semua jalanan akan macet oleh para pemudik.

Biasanya, mudik dilakukan 2-3 hari menjelang lebaran, yang artinya Anda melakukan perjalanan dalam kondisi puasa. Berat sudah pasti, apalagi jika cuaca panas dan jalanan macet, bisa jadi sebagian orang akan merasa lemas dan tidak kuat akibat dehidrasi.

Mencegah dehidrasi harus dilakukan, karena masalah ini bisa sebabkan risiko buruk pada kesehatan. Tidak mau puasa Anda batal hanya karena dehidrasi saat mudik, khan? Untuk itu, pastikan persiapan yang tepat sebelum melakukan perjalanan mudik.

Selain persiapan fisik, pemilihan makanan saat sahur juga membantumu tetap kuat puasa tanpa takut dehidrasi.

Nah, agar terhindar dari dehidrasi dan lemas saat mudik, sebaiknya konsumsi 5 makanan ini saat sahur. Apa sajakah itu? Simak informasinya berikut ini:

• Air putih
Minum air putih cukup saat sahur menjadi salah satu cara untuk mencegah dehidrasi saat mudik. Karena itu, jangan pernah malas untuk banyak minum air putih ya! Kulit Wajah Putih Tapi Leher Hitam, Lakukan Cara Ini Untuk Mencerahkannya

• Konsumsi sup
Selain air putih, pemilihan makanan juga penting saat sahur. Sup menjadi salah satu menu yang dianjurkan, karena mengandung gizi lengkap dari mulai vitamin dan mineral sehingga membantu cegah dehidrasi. Anda bisa memilih variasi sup sesuai selera, dari mulai sup ayam, sup daging, sup udang dan lainnya. Modus Kejahatan Menjelang Lebaran dan Cara menghindarinya

• Buah-buahan
Buah segar bisa menjadi cemilan sekaligus pencuci mulut saat buka dan sahur. Selain mengandung banyak gizi, buah juga kaya air yang membantu tubuhmu terhidrasi lebih lama. Pas banget jika Anda hendak menempuh perjalanan mudik di bulan puasa ini. Pilih buah kaya air, seperti : semangka, melon, timun suri, apel, pir dan lainnya.

• Sayuran
Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis sayuran yang kaya air dan juga nutrisi penting sehingga bantu cegah dehidrasi. Beberapa sayuran tersebut, antara lain : mentimun, brokoli, selada, dan lainnya. Sayuran tersebut bisa diolah menjadi jus, tumisan atau menu lainnya.

• Air kelapa muda
Cara sederhana lain untuk mencegah dehidrasi saat mudik puasa adalah dengan minum air kelapa muda. Selain rasanya enak, air kelapa juga mengandung elektrolit tinggi, seperti : magnesium, potassium, sodium dan juga kalsium. Jadi, selain minum air putih, Anda juga bisa menyempatkan diri untuk minum air kelapa muda.